Jumat 07 Jul 2023 03:29 WIB

Ubhara Jaya Kerja Sama Pengabdian kepada Masyarakat Luar Negeri ke Filipina

Sekolah Indonesia Davao berdiri sejak tahun 1968.

Delegasi Universitas Bhayangkara Jakarta Jaya (Ubhara Jaya) mendatangi Universitas Mindanao di Davao, Filipina.
Foto: Dok. Web
Delegasi Universitas Bhayangkara Jakarta Jaya (Ubhara Jaya) mendatangi Universitas Mindanao di Davao, Filipina.

REPUBLIKA.CO.ID, DAVAO – Delegasi Universitas Bhayangkara Jakarta Jaya (Ubhara Jaya) mendatangi Universitas Mindanao di Davao, Filipina. Di sana, kedua belah pihak melakukan kolaborasi sebagai bagian dari upaya memajukan mutu pendidikan masing-masing. 

“Momen ini menjadi salah satu di antara banyak kesempatan baik untuk menunjukkan dukungan dan komitmen kami pada berbagai kolaborasi yang dapat meningkatkan nilai nilai dalam dunia pendidikan, diplomasi dan pertukaran budaya antara kedua negara, Indonesia dan Filipina,” kata Konjen RI di Davao, Achmad Djatmiko, seperti dilansir pada Kamis (6/7/2023). 

Baca Juga

Dalam rangkaian kunjungan kehormatan ke Universitas Mindanao itu, berisikan pula agenda Penganugerahan Gelar Profesor Kehormatan Rektor Ubhara Jaya, Irjen Pol (Purn) Bambang Karsono. Selain iyu  sejumlah agenda penting menjadi rangkaian kegiatan delegasi Ubhara Jaya. Antara lain pelaksanaan webinar yang dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri lebih dari 1.000 orang. Kemudian, penandatanganan perjanjian kerja sama bidang Pengabdian Kepada Masyarakat Luar Negeri berupa penyediaan pelatihan dan pendampingan kepada para pamong dan guru Sekolah Indonesia di Davao.

“Saya mengapresiasi Universitas Bhayangkara Jakarta Jaya yang membantu meningkatkan pemahaman melalui pelatihan pengelolaan keuangan dalam pemberdayaan yang diberikan kepada para pamong dan guru Sekolah Indonesia di Davao. Semoga inisiatif ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia di sini," ujar Djatmiko. 

Adapun, Bambang Karsono mengatakan, satu upaya peningkatan kualitas akademik dan penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam mendukung program unggulan pemerintah melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dilakukan Ubhara Jaya saat ini adalah dengan mendorong berbagai kolaborasi. Salah satunya dengan berbagai kampus baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Salah satunya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penguatan pemahaman kebangsaan dan pengelolaan keuangan sebagai wujud pemberdayaan ekonomi masyarakat Indonesia di Filipina,” kata dia. 

Sekolah Indonesia Davao berdiri sejak tahun 1968 dan terletak di lingkungan KJRI Davao City. Sekolah Indonesia Davao menyelenggarakan pendidikan formal mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA, dan memiliki akreditasi A dan memiliki 98 siswa, yang sebagian merupakan anak anak keturunan Indonesia yang tinggal di Filipina Selatan -Persons of Indonesian Descent (PIDs).

Keberadaan Sekolah Indonesia Davao menjadi sarana pelayanan negara terhadap anak-anak PIDs untuk mendapatkan akses pendidikan dan fasilitas asrama secara gratis.

“Kolaborasi antara Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, KJRI Davao City, pamong, dan Sekolah Indonesia Davao diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman kebangsaan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat Indonesia di Filipina Selatan,” ujar Bambang. 

Kegiatan yang berhubungan dengan dunia internasional bukan kali pertama ini dilakukan oleh Ubhara Jaya. Sebelumnya, Ubhara Jaya menggelar seminar internasional bertema 'Security Update, An International Bilingual Seminar' membahas isu keamanan aktual yang berlangsung secara daring dan luring.

Seminar ini menghadirkan para pakar studi keamanan internasional antara lain Bilveer Singh dari National University of Singapore, Jasminder Singh dari Nanyang Technological University, Hermawan Sulistyo, dan praktisi teknologi dari Meguro Tokyo, Jepang, Anditto Heristyo.

 

"Visi kami adalah membangun kapasitas kelembagaan berbasis sekuriti. Visi yang menjadikan Ubhara Jaya sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang berfokus pada kajian tentang isu-isu keamanan," kata Bambang Karsono, demikian dinukil dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement