Rabu 28 Jun 2023 15:10 WIB

Ade Armando: Anies Baswedan Itu Orang Indonesia Asli

Ade Armando membela Anies Baswedan, tuduhan La Ode Umar Bonte norak.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Teguh Firmansyah
Ade Armando
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ade Armando

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pegiat media sosial, Ade Armando, mengkritik Ketua DPP KNPI, La Ode Umar Bonte, yang menyebut Anies Baswedan bukan orang Indonesia asli. Hal itu jadi alasan Bonte mengajak menolak Anies jadi Presiden RI.

Ia mengaku heran atas apa yang disampaikan sebagai alasan bagi publik untuk harus menolak Anies menjadi Presiden RI. Sebab, alasannya bukan karena prestasi Anies atau apa yang sudah dikerjakan Anies selama ini.

Baca Juga

Apalagi, alasan yang disampaikan untuk menolak itu menuduh Anies Baswedan bukanlah orang asli Indonesia. Selain itu memberi contoh orang Indonesia asli itu seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Ade merasa, apa yang disampaikan La Ode Umar Bonte itu norak dan sangat tidak logis. Walau bukan pendukung Anies, ia mengaku tidak setuju jika Anies dilarang untuk jadi presiden karena dituduh bukan asli Indonesia.

 

"Itu nggak logis sama sekali, Anies Baswedan itu orang Indonesia asli," kata Ade lewat video yang diunggah di akun TikTok @adearmando_official, Selasa (27/6).

Ia menerangkan, etnik Anies memanglah Arab. Tapi, Ade menegaskan, Anies  adalah orang Indonesia karena lahir di Indonesia dan orang tuanya lahir di Indonesia. Jadi, baik Anies, Ganjar, atau Prabowo sama-sama Indonesia.

Sebagaimana etnik-etnik lain di Indonesia, ia menekankan, etnik Arab di Indonesia itu sejajar dengan etnik Sunda, Padang, Bugis dan etnik apapun di Indonesia, termasuk etnik Tionghoa karena semua sama-sama Indonesia.

"Jadi, ini si ketua organisasi pemuda ini perlu belajar banget tentang kewarganegaraan, siapa itu orang Indonesia," ujar Ade.

Ade menambahkan, semua orang dengan etnik apapun di Indonesia sejajar karena memang lahir dan besar di Indonesia. Ia mengimbau agar jangan  lagi ada komentar-komentar yang memecah belah masyarakat Indonesia. 

Menurut Ade, Anies memang etnik Arab....

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement