Rabu 28 Jun 2023 06:27 WIB

Geger Akun Twitter PDIP Unggah Foto Ganjar di Makkah, Wajah Anies Dihilangkan

Foto asli yang diunggah Suharso Monoarfa memuat Ganjar dan Anies dalam satu frame.

Viral akun Twitter PDIP mengedit foto Ganjar Pranowo dan Suharso Monoarfa, serta menghilangkan wajah Anies Rasyid Baswedan.
Foto: @PDI_Perjuangan.
Viral akun Twitter PDIP mengedit foto Ganjar Pranowo dan Suharso Monoarfa, serta menghilangkan wajah Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jagat lini masa Twitter dihebohkan dengan unggahan di akun resmi PDIP tentang bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo sedang menunaikan haji. Hanya saja, unggahan foto dan video tersebut terasa janggal lantaran hanya memuat wajah Ganjar dan istri serta Suharso Monoarfa dan istri.

Foto yang viral tersebut pertama kali diunggah oleh eks ketua umum PPP itu di akun media sosial (medsos)-nya. Suharso yang sedang menunaikan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi mengajak Ganjar dan istri serta bacapres Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan dan istri untuk berfoto bersamanya.

Baca Juga

Foto itu viral hingga mendapatkan respons positif di medsos. Hal itu lantaran dua kandidat yang akan maju sebagai RI 1 pada 2024, bisa berdampingan dan berfoto bersama.

Baca: Ganjar Pranowo Berani Cawe-Cawe Urusan Jakarta, Begini Respons Pj Heru

 

Kini, foto tersebut diunggah ulang oleh akun Twitter @PDI_Perjuangan. Hanya saja, foto yang ditampilkan hanya memuat wajah Ganjar dan istri serta Suharso dan istri. Bagian Anies dan istri yang berada di sisi kanan, dihapus. Hal itu sontak membuat geger warganet, yang memenuhi kolom repply dan komentar di akun partai moncong putih tersebut.

"Ganjar Pranowo laksanakan ibadah haji bersama keluarga di Tanah Suci Makkah," demikian keterangan di foto yang diunggah akun PDIP dikutip Republika.co.id di Jakarta, Rabu (28/6/2023).

Akun PDIP juga memuat caption yang menjelaskan Ganjar sedang berada di Tanah Suci. Akun tersebut juga menjelaskan jika Ganjar sedang pergi haji atas undangan pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Ditampilkan pula saat Ganjar sedang berada di mobil jemputan sebagai tamu undangan VIP.

"Bakal capres usungan PDIP Ganjar Pranowo melakukan ibadah haji bersama keluarganya ke tanah suci Makkah, Arab Saudi. Ibadah Haji di Tanah Suci, Ganjar Pranowo dijamu Kerajaan Arab Saudi. Ganjar bersama keluarga tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Kota Jeddah," demikian keterangan PDIP.

Baca: Ganjar Blusukan ke Jatipadang, Jaksel, Warga Curhat Masalah Banjir

"Setibanya di sana, Ganjar pun disambut oleh protokol Kerajaan Saudi Arabia. Ibadah Di Kota Makkah, Ganjar dan keluarga dijemput mobil khusus Arab Saudi. Saat menuju Kota Makkah, Ganjar dan keluarga diantar dengan menggunakan mobil khusus," begitu penjelasan akun PDIP.

Hanya saja, status tersebut mendapatkan respons negatif dari warganet. Mereka mempertanyakan mengapa admin akun Twitter PDIP sampai tega mengedit foto asli yang memuat kebersamaan dua bacapres yang bersaing menjadi hanya memajang foto Ganjar. Adapun foto Anies dihilangkan. "Yang ngedit ngecrop hatinya busuk banget," kata pemilik akun @CakKhum.

Akun @QuartyRudiq memajang dua foto asli yang menampilkan Ganjar, Suharso, dan Anies dalam satu frame. Dia mempertanyakan niatan akun PDIP yang mengedit foto tersebut dengan mengabaikan etika.

PDIP dikecam...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement