Sabtu 24 Jun 2023 01:52 WIB

Pentingnya Melihat Kemampuan Kampus Mencetak Lulusan bagi Calon Mahasiswa

Kemampuan untuk hasilkan lulusan dengan soft skill jadi indikator universitas tepat

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ilustrasi Mahasiswa. Kemampuan kampus untuk menghasilkan lulusan dengan soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja menjadi salah satu poin yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa.
Foto: Republika/mgrol100
Ilustrasi Mahasiswa. Kemampuan kampus untuk menghasilkan lulusan dengan soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja menjadi salah satu poin yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemampuan kampus untuk menghasilkan lulusan dengan soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja menjadi salah satu poin yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa. Hal itu yang juga menjadi perhatian Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya dalam mencetak lulusan, yakni mengembangkan kemampuan akademik dan membangun karakteristik setiap mahasiswanya.

Sustainability menjadi perspektif Unika Atma Jaya dalam merancang kurikulum. Ini dilakukan untuk membentuk lulusan yang mampu menjawab kebutuhan dengan memperhatikan aspek keberlanjutan,” ujar Rektor Unika Atma Jaya, Agustinus Prasetyantoko, dalam siaran pers, Jumat (23/6/2023).

Kemampuan untuk menghasilkan lulusan dengan soft skill yang dibutuhkan membuat sebuah universitas memiliki reputasi yang baik. Universitas tersebut dapat dipercaya membentuk lulusannya sehingga memiliki resiliensi, serta adaptif dan inovatif.

Hal itu pula yang membuat lulusan dari suatu universitas lebih menonjol dan siap mengadapi tantangan di masa depan. Di Unika Atma Jaya, kata dia, kemampuan akademik dibarengi dengan membangun karakteristik yang membuat lulusannya unggul, profesional, dan peduli, serta siap menjadi pemimpin masa depan.

Unika Atma Jaya sendiri saat ini merupakan PTS terbaik ke-3 di Indonesia versi QS Asia Rankings 2023. Selain itu Unika Atma Jaya meraih QS Stars unggul dalam aspek employability, pengembangan akademik, kerja sama internasional, hingga inklusivitas.

Selain poin di atas, ada sejumlah poin lagi yang perlu diperhatikan calon mahasiswa ketika memilih kampus atau universitas. Poin-poin itu, yakni memperhatikan minat dan bakat, akreditasi kampus, kurikulum paring terperbaharui, fasilitas penunjang, kegiatan kemahasiswaan, lingkungan belajar, bijak biaya kuliah, program beasiswa, dan peluang belajar di luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement