Ahad 16 Jun 2024 19:12 WIB

4.429 Calon Mahasiswa Lolos Jalur UTBK Undip

Undip raih peringkat pertama kategori PTN akademik dengan pendaftar terbanyak.

Universitas Diponegoro (Undip) Semarang
Foto: Undip
Universitas Diponegoro (Undip) Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pihak Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menyatakan, sebanyak 4.429 pendaftar dinyatakan lolos sebagai calon mahasiswa kampus tersebut. Mereka melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Undip Prof Heru Susanto mengatakan, Undip menempati peringkat keempat untuk pendaftar terbanyak pada jalur UNBT tahun ini. Jumlah pendaftar Undip melalui jalur SNBT pada 2024 mencapai sebanyak 85.734 orang.

Baca Juga

Ia menyebutkan, sekurang-kurangnya ada 145 perguruan tinggi yang mengikuti SNBT 2024. Itu terdiri atas 75 perguruan tinggi negeri (PTN), 26 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN), dan 44 politeknik negeri sebagai PTN vokasi.

SNBT diselenggarakan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Sejumlah perguruan tinggi peserta SNBT 2024 tersebut menyediakan total daya tampung sejumlah 272.248 kursi, dengan jumlah pendaftar sebanyak 785.058 orang.

 

Tidak hanya peringkat keempat pendaftar terbanyak pada SNBT, Undip juga meraih peringkat pertama kategori PTN akademik dengan pendaftar terbanyak pada SNBT. Kemudian, kampus ini juga menduduki peringkat enam kategori PTN akademik dengan rerata UTBK tertinggi.

Di samping itu, universitas ini menempati peringkat ketujuh kategori prodi vokasi dengan rerata UTBK tertinggi, dan peringkat ke-10 kategori prodi vokasi dengan pendaftar terbanyak SNBT.

Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip juga menempati peringkat ketiga kategori prodi akademik terketat. Adapun Prodi Bisnis Digital, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), menempati peringkat kesembilan kategori Prodi (Akademik) Terketat

"Data di atas menunjukkan bahwa sampai saat ini UNDIP merupakan salah satu kampus favorit yang menjadi pilihan para lulusan SMA dan sederajat," kata Prof Heru Susanto kepada kantor berita Antara, Ahad (16/6/2024).

Di sisi yang lain, kata dia, upaya untuk terus meningkatkan kualitas Undip perlu terus dilakukan. Dengan demikian, kinerja yang telah dicapai saat ini, baik dalam skala nasional maupun internasional, dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Pengumuman SNBT bisa dilihat melalui laman ini. Caranya dengan memasukkan nomor pendaftaran UTBK-SNBT 2024 dan tanggal lahir peserta sesuai dengan data diri yang telah teregistrasi pada sistem SNPMB.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement