Jumat 23 Jun 2023 19:38 WIB

FTUI Kembangkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Lewat Program Inkubasi Bisnis

Mahasiswa akan dilatih mentor alumni FTUI untuk kembangkan start-up sendiri

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menggelar program yang dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa.
Foto: Dok Humas UI
Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menggelar program yang dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menggelar program yang dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa. Pada program yang ditujukan bagi mahasiswa UI itu, para peserta akan diberikan pelatihan secara intensif dari para mentor alumni FTUI yang telah mengembangkan dan menjalankan start-up sendiri atau memiliki pengalaman di area yang terkait dengan ide-ide bisnis para peserta.

”UI sudah mengukuhkan diri sebagai Entrepreneurial University. Program i3 FTUI adalah perwujudan salah satu program unggulan prioritas FTUI, yaitu pengembangan entrepreneurship bagi mahasiswa,” ujar Dekan FTUI, Heri Hermansyah, lewat keterangannya, Jumat (23/6/2023).

Program tersebut dinamakan i3 yang berarti Innovation Into Invention. Heri menjelaskan, program itu merupakan program bergengsi FTUI untuk para mahasiswa UI, khususnya mahasiswa FTUI yang memiliki ide bisnis dan tertarik untuk mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah bisnis. Menurut dia, program inkubasi bisnis itu sudah dilaksanakan sejak tahun 2022 lalu.

“Dilaksanakan di bawah unit Wirausaha dan Inovasi FTUI yang memang berfokus pada penguatan entrepreneurship keteknikan, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat entrepreneurship di lingkungan FTUI,” kata Heri.

Pada 2022, kegiatan i3 dilaksanakan secara hibrida dan berhasil menjaring 10 tim potensial. Untuk 2023, pendaftaran program i3 FTUI mulai dibuka pada 29 Mei dan akan ditutup pada 29 Juni 2023. Untuk mendaftar program itu, masing- masing peserta diwajibkan untuk mengunggah proposal bisnis yang akan dikembangkan. Dengan proposal bisnis itu, para peserta akan mendapatkan mentor yang sesuai dengan latar belakang bisnis yang akan dikembangkan.

Setelah masa pendaftaran, peserta terpilih akan diumumkan pada 30 Juni 2023. Kemudian para peserta akan mendapatkan sesi pelatihan untuk mengembangkan bisnisnya hingga menjadi sebuah prototipe. Pelatihan akan dilakukan sebanyak tiga kali, di setiap pekan pada 8-22 Juli 2023. Dengan adanya program itu diharapkan para peserta dapat bertumbuh menjadi seorang entrepreneur yang terus mengembangkan inovasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement