Selasa 20 Jun 2023 19:57 WIB

Pasrah Digusur untuk Proyek Jalan Tembus Pasar Minggu, Warga: Asal Ganti Rugi Sesuai

Warga pasrah digusur untuk proyek jalan tembus di Pasar Minggu asal ganti rugi sesuai

Rep: mgrol145/ Red: Bilal Ramadhan
Jalur pinggir rel kereta yang akan menjadi proyek jalan tembus Pasar Minggu-Lenteng Agung, Jakarta Selatan
Foto: mgrol145
Jalur pinggir rel kereta yang akan menjadi proyek jalan tembus Pasar Minggu-Lenteng Agung, Jakarta Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggusuran lahan tentu saja memberikan banyak dampak dan juga perubahan yang terjadi di daerah gusuran sekitar, sama halnya dengan keadaan di daerah Pejaten Timur yang terkena dampak penggusuran akibat pelebaran jalan stasiun Pasar Minggu yang direncanakan akan membuat jalan sedikit lebih luas.

"Ya gimana ya, kan yang ituin (gusur) pemerintah, mau ngelawan gak bisa juga kan, yang penting gantinya sesuai," ucap Rita, warga setempat, kepada republika.co.id pada Selasa (20/6/2023).

Baca Juga

Rita berdalih masih memiliki banyak anak. Bahkan salah satunya sedang mengenyam bangku pendidikan tinggi. Selain tempat tinggal, Rita menjadikan rumahnya sebagai tempat usaha juga, Lanjutnya, usaha bank sampah, rongsokan dan barang bekas.

Sementara itu, penggusuran akan dilakukan dengan batasan lahan sampai Ruang Publik Terpadu Rumah Anak (RPTRA) daerah Pejaten Timur, Jakarta Selatan. Akibatnya, penggusuran ini tentu saja akan menghilangkan lahan pedagang yang berjualan di sekitar sekolah dan tentu saja rumah warga itu sendiri.

Sebelumnya, proyek jalur tembus Pasar Minggu-Lenteng Agung rencananya akan dioperasikan pada 2024 mendatang. Namun kondisi saat ini, masih banyak lahan yang belum dibebaskan Pemprov DKI Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement