Sabtu 17 Jun 2023 00:15 WIB

Fakultas Teknik UI Kerjasama Dengan University of Birmingham Inggris Terkait Gelar Ganda

Kolaborasi itu juga akan menjangkau program Magister atau Pascasarjana.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan  University of Birmingham, Inggris, untuk memperluas kemitraan gelar ganda
Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan University of Birmingham, Inggris, untuk memperluas kemitraan gelar ganda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan  University of Birmingham, Inggris, untuk memperluas kemitraan dua gelar atau gelar ganda akademik dalam satu studi. Dekan FTUI Prof Heri Hermansyah mengatakan, kolaborasi tersebut juga akan menjangkau program Magister atau Pascasarjana.

“FTUI dan University of Birmingham sepakat untuk membuka program double degree untuk mahasiswa program sarjana dan magister dengan pola 2+2, 1+1 dan 2+2+1," kata Heri dalam keterangannya, Kamis (15/6/2023).

Heri mengatakan kerjasama yang resmi ditandatangani dengan Professor Robin Mason, Pro-Vice-Chancellor (International), University of Birmingham ini salah satu langkah meningkatkan lulusan kelas dunia di Indonesia. Ia menambahkan kolaborasi ini dilakukan untuk  meningkatkan kualitas program kelas internasional FTUI.

Heri mengatakan pada artikulasi program sarjana double degree 2+2 mahasiswa akan menjalankan perkuliahan 2 tahun di FTUI dan 2 tahun di Birmingham untuk Program Sarjana.  Sementara pada artikulasi program magister double degree 1+1, mahasiswa menjalankan perkuliahan 1 tahun di FTUI dan 1 tahun di mitra untuk Program Magister.

 

"Nantinya, mahasiswa program double degree ini akan mendapatkan dua gelar dari UI dan University of Birmingham, baik gelar sarjana maupun magister," kata Heri.

Heri menambahkan, FTUI dan University of Birmingham juga menyepakati program tripple degree Sarjana-Magister 2+2+1 dimana mahasiswa program double degree sarjana dapat langsung melanjutkan pendidikan magister 1 tahun dan lulus dengan gelar sarjana dari UI dan gelar sarjana serta magister dari University of Birmingham.

Berdasarkan perjanjian, program double degree dengan University of Birmingham akan dibuka untuk program Sarjana (2+2) untuk program studi Teknik Sipil, Teknik Kimia dan Teknik Metalurgi dan Material.

Program double degree Magister (1+1) ditawarkan untuk program studi Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, dan Teknik Bioproses. Sementara program Sarjana-Magister (2+2+1) dibuka untuk Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi dan Material, dan Teknik Kimia.

”Tentunya kedepannya akan kami perluas untuk dapat mencakup program studi-program studi lain di FTUI. Selain itu, University of Birmingham juga menyatakan ketertarikannya untuk mengembangkan kerjasama penelitian bersama serta pertukaran akademik untuk dosen dan mahasiswa FTUI,” katanya

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement