Jumat 16 Jun 2023 04:57 WIB

Ini Kata Orang Solo Tentang Kaesang yang Ingin Maju Menjadi Wali Kota Depok

Warga Solo merespons Kaesang maju jadi calon wali kota Depok

Rep: c02/ Red: Erdy Nasrul
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep siap maju Pilkada Depok 2024.
Foto: @erinagudono
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep siap maju Pilkada Depok 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putra Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep ramai diberitakan karena belum lama ini menunjukkan hasrat politiknya untuk menjadi wali kota Depok. Hal ini direspons masyarakat dengan pandangan pro dan kontra.

Sejumlah warganet tidak setuju dengan ikhtiar tersebut dengan menjelaskan berbagai alasan. Ini belum seberapa, ada pula yang tidak menyetujui Kaesang maju menjadi Depok pertama karena dikhawatirkan mengokohkan politik dinasti, yaitu politik berbau nepotisme yang mengangkat keluarga terdekat untuk memegang jabatan politik di dalam pemerintahan.

Baca Juga

'Serangan' ini tidak asal bunyi, sebab ada dua orang dekat Presiden Jokowi yang kini menjadi kepala daerah. Pertama adalah anaknya, yaitu Gibran Rakabuming yang menjadi wali kota Solo. Kedua adalah menantinya, yaitu Boby Nasution yang menjadi wali kota Medan. Jika Kaesang menjabat Depok pertama, bertambahlah anak dan keluarga Presiden di dalam pemerintahan. 

Lalu apa komentar warga Solo, kota yang menjadi tempat Presiden Joko Widodo tinggal, tempat Kaesang, Gibran, dan anak-anak Presiden Jokowi tumbuh? berikut ulasannya.

 

Warga Solo beri tanggapan soal putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep yang menyatakan akan maju ke Depok 1 di Pilkada 2024 mendatang.

Dari tiga warga, dua di antaranya menyatakan tak setuju jika Kaesang maju ke Depok 1 dan lebih memilih untuk meneruskan kinerja Wali Kota Solo yang sekarang di bawah Gibran Rakabuming. Sedangkan seorang warga lainnya menyatakan setuju jika Kaesang maju ke Depok. 

Astrid (34) warga Sumber, Banjarsari, Solo, menyatakan lebih memilih Kaesang untuk ikut di Pilkada Solo. Alasannya adalah untuk meneruskan jejak yang telah dibuat Jokowi dan Gibran di Solo. 

"Ya ke Solo kalau suruh milih antara Depok atau Solo, ya jadi biar kinerjanya Mas Gibran biar sama meneruskan. Kan dulu bapaknya udah kan pernah megang Solo dan sekarang Mas Gibran, dan Kaesang biar kinerjanya bagus," kata Astrid, Jumat (16/6/2023).

Saran buat Kaesang 

Hal senada juga diungkapkan oleh Surip Widodo warga Kerten, Laweyan yang berprofesi sebagai penjual makanan. "Ya kalau saya lebih senang...Lihat halaman berikutnya >>

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement