Kamis 15 Jun 2023 17:07 WIB

KPM Tawarkan Program Asesmen Sains untuk Sekolah dengan Biaya Seikhlasnya

Pendidikan sains merupakan salah satu kunci utama menghadapi tantangan pendidikan.

KPM menggagas program kerja sama untuk sekolah yang ingin mengetahui potensi siswanya dalam bidang sains.
Foto: Klinik Pendidikan MIPA
KPM menggagas program kerja sama untuk sekolah yang ingin mengetahui potensi siswanya dalam bidang sains.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pendidikan sains merupakan salah satu kunci utama untuk menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. Banyak isu yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari seperti bagaimana tercukupinya kebutuhan air, pangan, pengendalian penyakit, perubahan iklim, permasalahan yang dihadapi masyarakat modern di mana bergantung pada teknologi, dan sebagainya.

Praktik-praktik tersebut adalah sebuah keniscayaan yang harus dipahami oleh generasi muda, khususnya pelajar. Mereka harus belajar agar dapat mengenali bahwa sains dan teknologi merupakan salah satu sumber solusi.

Baca Juga

Berdasarkan persoalan tersebut, KPM menggagas program kerja sama untuk sekolah yang ingin mengetahui potensi siswanya dalam bidang sains yaitu melalui program Asesmen Sains yakni sebuah tes untuk menguji kemampuan siswa dalam bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) atau sains.

Pada program ini, KPM menerapkan skema pembiayaan seikhlasnya (sesuai kemampuan). Kendati biaya seikhlasnya, kualitas soal yang disajikan pun bukan biasa-biasa saja, karena soal yang disajikan bersifat nalar dan berskala nasional.

Sebelum asesmen sains ini digagas, KPM telah berpengalaman lebih dari 5 tahun menggelar asesmen matematika melalui program Uji Soal Matematika Nalaria Realistik dan Matematika Suprarasional, di mana pada tahun 2023 diikuti 149.808 peserta. Sedangkan sebelum masa pandemi diikuti lebih dari 400 ribu peserta. Selain uji soal, KPM juga menyelenggarakan International Mathematics Assessment for School (IMAS).

Kepala Bagian Lomba, Tri Jumsari menyampaikan pentingnya dari Asesmen Sains ini adalah membantu sekolah untuk mengetahui kemampuan siswa-siswinya dalam bidang IPA. “Mengapa sangat penting karena ini (asesmen sains) bisa membantu sekolah untuk bisa mengetahui pemetaan siswa-siswinya dalam bidang IPA, karena nanti di akhir setiap siswa akan ada report atau analisis yang didapat, sehingga harapannya, sekolah pun bisa mengadakan pelatihan atau pembinaan yang kiranya dirasa masih lemah dalam bidang IPA,” ungkap Tri.

Selain itu, Tri juga menambahkan keuntungan lain jika sekolah mengikuti program Asesmen Sains. “Peserta bisa mengikuti Kompetisi Sains Nalaria Realistik, berkesempatan mengikuti lomba internasional, seperti International Science Competition (ISC), dan kompetisi bergengsi tingkat dunia, International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) serta berkesempatan menjadi siswa kelas khusus KPM.

Bagi sekolah yang berminat mengikutsertakan siswa/I nya dalam program Asesmen Sains, dapat mendaftar melalui link berikut https://bit.ly/DaftarAsesmenSains2023. Untuk pertanyaan lebih lanjut seputar Asesmen Sains, silakan menghubungi narahubung KPM pusat 0813-1034-3400 atau KPM Cabang, KMS dan PJ lomba. Untuk informasi dapat klik tautan bit.ly/NarahubungCabangKMSPJLomba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement