Rabu 07 Jun 2023 16:43 WIB

Pemprov DKI Pastikan Bakal Buka Trotoar yang Diblokade di Depan Kedubes AS

Kedubes AS menyambut baik gagasan membuka blokade trotoar di depan gedung mereka.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
Kondisi trotoar yang ditutup di depan Kedubes Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Kondisi trotoar yang ditutup di depan Kedubes Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan bakal melakukan pembukaan blokade trotoar di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Hal itu berdasarkan pembahasan yang dilakukan pada Rabu (7/6/2023).

Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Bina Marga DKI, Wiwik Wahyuni mengatakan, pihaknya telah mengadakan pembahasan bersama dengan pihak-pihak terkait. Mulai dari Kementerian Luar Negeri, Kedubes AS, serta Pamobvit (Direktorat Pengamanan Objek Vital) Polda Metro Jaya.

Baca Juga

"Kami sudah mengadakan pembahasan untuk melakukan pembukaan kembali (re-opening) trotoar di depan kantor Kedubes AS," kata Wiwik kepada Republika.co.id, Rabu (7/6/2023).

Meski sudah memutuskan akan dilakukan pembukaan atas blokade trotoar tersebut, namun Wiwik belum memastikan kapan waktu pembukaannya. "Namun untuk proses pengerjaan kami mencoba untuk menyesuaikan waktu dalam proses re-opening, pembukaan kembali, trotoar tersebut. Untuk jadwal re-opening ini nantinya bisa segera dilaksanakan secepatnya dalam waktu dekat ini," tegas dia.

Sebelumnya, Kedubes AS di Jakarta menyambut gagasan untuk membuka blokade trotoar di depan gedung mereka di Jalan Medan Merdeka Selatan. Kedubes AS mengaku telah menginformasikan hal itu kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) maupun Pemprov DKI.

"Aksesibilitas, keamanan, dan walkability adalah faktor pertimbangan penting untuk kota besar seperti Jakarta. Kami telah menginformasikan kepada Pemerintah Indonesia bahwa AS akan menyambut baik pembukaan kembali trotoar di depan Kedubes AS," kata Juru Bicara Kedubes AS di Jakarta, Michael Quinlan di Jakarta, Selasa siang WIB.

Sebelumnya, saat dikonfirmasi, Pemprov DKI belum menyampaikan sikap tegas mengenai pembukaan blokade trotoar di depan Kedubes AS. Pemprov DKI Jakarta menyatakan akan melakukan pembahasan terlebih dahulu pada Rabu (7/6/2023). "Esok akan ada pembahasan. Apabila ada update saya informasikan," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Bina Marga DKI, Wiwik Wahyuni, Selasa (6/6/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement