Sabtu 03 Jun 2023 09:55 WIB

Sekda: Night Market Beri Peluang Pelaku UMKM Mahasiswa Pasarkan Produk

Ke depannnya bisa mandiri, tak hanya cari kerja tapi mampu menciptakan lapangan kerja

Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, H Nuryakin, saat menghadiri Night Market dan Hasupa Hasundau bersama Menteri Perdagangan Republik Indonesia RI Zulkifli Hasan.
Foto: Humas Pemprov Kalteng
Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, H Nuryakin, saat menghadiri Night Market dan Hasupa Hasundau bersama Menteri Perdagangan Republik Indonesia RI Zulkifli Hasan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Provinsi Kalteng) H Nuryakin hadiri Night Market dan Hasupa Hasundau bersama Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI) Zulkifli Hasan, bertempat di Kampus Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Jumat (2/6/2023) malam. Acara ini diinisiasi oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Dalam Bazar Night Market ini, kurang lebih ada 100 stand atau lapak disediakan, terutama bagi para mahasiswa, untuk dapat memasarkan produk-produknya, baik kuliner maupun kerajinan. Saat menyampaikan sambutannya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan Indonesia kalau mau maju, sederhana tiru saja Muhammadiyah.

“Contohnya sekolah, di Muhammadiyah yang ingin sekolah dari mana saja boleh. Contohnya di Kupang, ada kurang lebih 9.000 mahasiswanya, sebanyak 7.000 Kristen dan 2.000 Islam, ini tidak ada masalah. Muhammadiyah tidak usah diajarkan Bhineka Tunggal Ika, sudah dipraktikkan dari dulu”, tutur Zulkifli.

“Contohnya Universitas di Sorong, 80 persen non-Muslim, 20 persen Islam. Sama hal dengan Rumah Sakit, belajar dari mana saja semuanya boleh”, imbuhnya.

Zulkifli Hasan mengungkapkan mengenali kebinekaan dan persatuan, Muhammadiyah sudah praktik karena sudah melahirkan republik dulunya. Menteri Perdagangan berpesan kepada Mahasiswa yang hadir dalam kegiatan tersebut agar kelak dapat mandiri.

“Ke depannnya bisa mandiri, tidak hanya mencari kerja tetapi mampu menciptakan lapangan kerja. Saya mengapresiasi kepada Pak Rektor karena sudah melakukan predikat untuk Mahasiswanya”, pungkasnya.

Ketua Panitia Hendri yang merupakan Dekan FKIP Muhammadiyah menyampaikan dalam kegiatan bazar ini, ada lebih dari 100 stand atau lapak yang turut berpartisipasi memasarkan produk-produknya, baik kuliner maupun kerajinan.

“Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 6.000 Mahasiswa. Kami melihat antusiasme yang sangat tinggi dari Mahasiswa. Banyaknya produk yang ikut dalam kegiatan bazar ini yang semula kita targetkan hanya 100 stand, ternyata ada 100 lebih yang mendaftar. Artinya ini menunjukkan antusias dari seluruh komponen di Kampus Muhammadiayah baik Dosen maupun Mahasiswa”, ucap Hendri.

Lebih lanjut disampaikan, khusus mahasiswa, bazar ini menampilkan produk-produk Mahasiswa sebagai implementasi mata kuliah kewirausahaan di Kampus Muhammadiyah. “Pengisi bazar tidak hanya dari UMPR tetapi ada juga dari siswa SMA/SMK Muhammadiyah dan kalangan masyarakat”, jelasnya.

Hendri berharap melalui kegiatan bazar ini menumbuhkembangkan jiwa-jiwa kewirausahaan karena dewasa ini yang menjadi tuntutan saat ini adalah yang memang berinovasi dalam kewirausahaan sehingga orientasi Mahasiswa tidak hanya menjadi pegawai tetapi berubah cara berpikirnya bahwasanya kewirausahaan sangat menjanjikan kedepannya.

Sebagai informasi, kunjungan kerja Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ke Kalteng dalam rangka memantau perkembangan harga barang kebutuhan pokok di pasar rakyat. Menteri Perdagangan beserta rombongan dijadwalkan meninjau Pasar Besar Palangka Raya, Sabtu (3/6/2023).

photo
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H Nuryakin hadiri Night Market dan Hasupa Hasundau bersama Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI) Zulkifli Hasan, bertempat di Kampus Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Jumat (2/6/2023) malam. - (Humas Pemprov Kalteng)
 

Di sela-sela peninjauan stand, Sekretaris Daerah H Nuryakin, menyambut baik kegiatan yang digagas oleh Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. Menurutnya Night Market memberikan peluang pelaku UMKM untuk memasarkan produknya, terutama mahasiswa.

“Ini salah satu bentuk upaya pemulihan ekonomi nasional, ragam kreatifitas tumbuh dan berkembang untuk memasarkan produk, salah satunya Night Market ini” ucapnya.

Ia juga mengatakan sektor UMKM bahkan mampu survive di tengah pandemi Covid-19, dan telah memberikan andil dan kontribusi besar dalam ketahanan ekonomi nasional. 

Nampak hadir pada acara Hasupa Hansundau di antaranya antara lain Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim serta Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri (P3DN) Krisna Ariza. 

Hadir juga Wakil Ketua DPRD Prov. Kalteng Abdul Rajak, Rektor UMPR HM Yusuf, Ketua PW Muhammadiyah Kalteng Ahmad Syari, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Aster Bonawaty, Kadis Koperasi dan UKM Norhani serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement