Selasa 30 May 2023 15:31 WIB

Kuasa Hukum Minta Membaiknya Kondisi David tak Ringankan Hukuman Mario Dandy

Kuasa hukum minta kondisi David yang membaik tak meringankan hukuman Mario Dandy.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bilal Ramadhan
Pelaku tindak penganiayaan terhadap David Ozora, Mario Dandy Satriyo. Kuasa hukum minta kondisi David yang membaik tak meringankan hukuman Mario Dandy.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelaku tindak penganiayaan terhadap David Ozora, Mario Dandy Satriyo. Kuasa hukum minta kondisi David yang membaik tak meringankan hukuman Mario Dandy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mellisa Anggraini, kuasa hukum Cristalino David Ozora (17 tahun), menyampaikan kondisi kliennya sudah mulai membaik. Namun, dia memperingatkan agar kondisi ini tidak dimanfaatkan untuk meringankan hukuman bagi pelaku.

Dalam waktu dekat, dua tersangka penganiayaan berat terhadap David Ozora, yaitu Mario Dandy Satriyo (20 tahun) dan Shane Lukas Rotua Pangondian Lumbantoruan (19 tahun), bakal segera disidangkan.

Baca Juga

“Jangan sampai kondisi hari ini yang membaik ini atas perjuangan David, perjuangan keluarga, doa seluruh masyarakat Indonesia. Ini justru dijadikan peringanan bagi pelaku yang melakukan penganiayaan biadab itu,” ujar Mellisa dalam keterangannya, dikutip Selasa (30/5/2023).

Meski secara fisik membaik, kata Mellisa, untuk kognisi ataupun berpikir David masih belum bisa pulih seperti sebelum peristiwa penganiayaan berat. Pihaknya juga akan menyampaikan bukti-bukti terbaru terkait kondisi anak korban ke kejaksaan. Sehingga penerapan pasal penganiayaan berat dan penetapan tersangka terhadap para pelaku sudah tepat.

“Penganiayaan ini sudah dikawal betul menjadi pasal penganiayaan berat terencana yang beberapa hari ini seolah-olah mau dikaburkan bahwa ini akan menjadi pasal penganiayaan biasa,” kata Mellisa.

Mellisa melanjutkan, karena itu penggunaan pasal biasa dalam kasus ini sangat tidak masuk akal. Sebab kondisi yang dilihat bukan tiga bulan setelah orang tua dan korban berjuang mati-matian, proses pengobatannya cukup signifikan. Maka, kondisi saat ini lebih membaik anak korban, kata Mellisa, itu yang mau dicantumkan hukuman pelaku itu tidak benar sama sekali.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement