Rabu 24 May 2023 19:42 WIB

FE UNJ Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Akuntansi Tahun 2023

Perkuliahan semester ganjil FE UNJ akan dimulai pada akhir Agustus 2023

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) membuka penerimaan mahasiswa baru program magister (S2) akuntansi untuk tahun akademik 2023/2024 pada 2023 ini. Perkuliahan semester ganjilnya akan dimulai pada akhir Agustus mendatang setelah proses pendaftaran dan seleksi selesai dilakukan.
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) membuka penerimaan mahasiswa baru program magister (S2) akuntansi untuk tahun akademik 2023/2024 pada 2023 ini. Perkuliahan semester ganjilnya akan dimulai pada akhir Agustus mendatang setelah proses pendaftaran dan seleksi selesai dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) membuka penerimaan mahasiswa baru program magister (S2) akuntansi untuk tahun akademik 2023/2024 pada 2023 ini. Perkuliahan semester ganjilnya akan dimulai pada akhir Agustus mendatang setelah proses pendaftaran dan seleksi selesai dilakukan.

“Perkuliahan semester ganjil akan dimulai pada akhir Agustus 2023. Dari sisi pengajaran, selain melibatkan dosen internal, juga melibatkan praktisi di bidang terkait,” ujar Dekan FE UNJ, Ari Saptono, dalam keterangannya, Rabu (24/5/2023).

Dia menjelaskan, ada tiga konsentrasi studi yang ada pada program magister Akuntansi FE UNJ. Ketiga konsentrasi studi tersebut, yaitu akuntansi keuangan, akuntansi publik auditing dan akuntansi manajemen. 

Pada perkuliahan program magister akuntansi FE UNJ nantinya mahasiswa akan mendapatkan bekal pengetahuan dan pengalaman yang dapat menambah ketrampilan mahasiswa dalam bidang akuntansi. Di mana proses perkuliahan selain materi teoritis juga ada praktek pembelajaran.

 

Selain itu juga ada mata kuliah konsentrasi yang dimaksudkan untuk mempersiapkan keikutsertaan sertifikasi sesuai dengan bidang peminatan seperti Certified Public Accounting, Certified Internal Auditor, Certified Management Accountant), Certified Financial Planner, dan Chartered Accountant.

Nantinya para lulusan akan mendapatkan gelar Magister Akuntansi M.Ak. Program magister kuntansi FE UNJ sendiri, kata Ari, juga sudah terakreditasi ‘Baik Sekali’ dari Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA).

Pendaftaran kelas program tersebut dapat dilakukan dengan mengakses informasinya melalu laman resmi FE UNJ atau dapat datang langsung ke Kampus A UNJ. Terkait adwal pendaftaran dan seleksi, untuk semester gasal gelombang pertama dilakukan pada 9 Januari-18 Maret lalu. Untuk gelombang kedua semester gasal sudah dibuka sejak 27 Maret hingga 3 Juni mendatang.

“Sementara untuk semester genap, gelombang pertama akan dilaksanakan pada 1 Agustus hingga 23 September. Gelombang kedua pada 2 Oktober hingga 11 November 2023,” ujar Ari.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik FE UNJ, Usep Suhud, menjelaskan, bagi mahasiswa baru magister akuntansi yang memiliki ijazah S-1 bukan dari prodi Akuntansi, wajib mengikuti matrikulasi sebelum perkuliahan dimulai.

Usep menambahkan, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti KKL Internasional yang berbobot dua SKS, sebagai syarat untuk mengikuti seminar proposal tesis, meskipun tidak wajib. Namun demikian, semua mahasiswa magister wajib publikasi pada jurnal internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement