Senin 22 May 2023 15:01 WIB

Sorban dan Pakaian Habib Bahar bin Smith Saat Ditembak Jadi Barang Bukti Utama

Kapolres Bogor sebut sorban dan pakaian Habib Bahar saat ditembak jadi barang bukti.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Habib Bahar bin Smith. Kapolres Bogor sebut sorban dan pakaian Habib Bahar saat ditembak jadi barang bukti.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Habib Bahar bin Smith. Kapolres Bogor sebut sorban dan pakaian Habib Bahar saat ditembak jadi barang bukti.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Polres Bogor terus melakukan penyelidikan dalam kasus penembakan terhadap Habib Bahar bin Smith. Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin mengatakan saat ini Polres Bogor terus melakukan upaya melengkapi alat bukti dalam laporan penembakan ini.

Salah satu barang bukti yang diperiksa dalam kasus ini yaitu pakaian dan sorban yang dikenakan Habib Bahar saat kejadian. “Mohon bersabar ya, guna hasil yang scientific. Kami terus melakukan upaya atas kelengkapan alat bukti,” ujar Iman, Senin (22/5/2023).

Baca Juga

Selain itu, salah satu objek yang diselidiki ialah video yang membeberkan kabar penembakan Habib Bahar melalui kanal Youtube. Video tersebut diunggah dalam kanal Youtube Mahesa Al Bantani pada 14 Mei 2023, dua hari setelah Habib Bahar dilaporkan tertembak.

Dalam video yang sudah ditonton sebanyak 9.100 kali itu, menampilkan sebuah rekaman layar percakapan WhatsApp. Dimana satu suara yang dipanggil Umi menyatakan Habib Bahar berdarah-darah akibat ditembak.

“(Video tersebut) masuk dalam objek lidik,” kata Iman.

 

Ia menyebutkan, sejauh ini ada 18 orang saksi yang dimintai keterangan atas laporan penembakan Habib Bahar. Kendati demikian, ia tidak menyebut secara rinci siapa saja yang diperiksa oleh kepolisian.

“Saksi sudah kami mintai keterangan 18 orang,” ungkapnya.

Sebelumnya, diberitakan Habib Bahar bin Smith dilaporkan terkena tembakan pada Jumat (12/5/2023) malam WIB. Namun, hingga kini, belum diketahui siapa penembaknya dan lokasi tepat penembakan.

“Jumat malam langsung ke sana, beliau cerita semuanya, penembakan sekitar jam delapan, sembilan malam,” kata pengacara Habib Bahar, Aziz Yanuar, dalam video rekaman yang viral dan sudah dikonfirmasi Republika, Senin (15/5/2023).

Saat ini Polres Bogor telah menerima laporan tersebut melalui Polsek Kemang dan sedang melakukan tindak lanjut.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement