Sabtu 13 May 2023 18:18 WIB

Gubernur Khofifah Terpukau Arsitektur Masjid Raya Al Jabbar

Khofifah Indar Parawansa memuji Ridwan Kamil yang menjadi arsitek pembangunan masjid.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Foto udara Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/4/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Foto udara Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengaku terpukau dengan keindahan serta kemegahan Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung. Dia menganggap, bangunan masjid sangat megah dan indah.

"Dan menurut saya ini bukan hanya soal arsitekturnya namun memiliki nilai dan makna keislaman termasuk ada di Galeri Rasullallah yang sangat luar biasa. Dan ada galeri makam Ibrohim di ruang tengah," katanya usai menghadiri acara Harlah Ke-77 Muslimat NU Jawa Barat (Jabar) di Masjid Raya Al Jabbar, Sabtu (13/5/2023).

Khofifah menilai, arsitektur Masjid Raya Al Jabar sangat luar biasa dan menawan. Menurut dia, Gubernur Jabar M Ridwan Kamil sebagai arsitek bangunan tersebut, memperhatikan setiap sudut bangunannya. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Ridwan Kamil yang sudah bersedia membuatkan desain arsitektur Masjid Raya Islam Center Jawa Timur di Kota Surabaya.

"Dan alhamdulillah menjelang Ramadhan lalu, sudah kami resmikan dan puasa kita menggunakan full, dari mulai Tarawih, iktikaf hingga Idul Fitri, jamaah meluber, jadi kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan piagam sekaligus ada penghargaan 'Jer Basuki Mawa Bea' tertinggi itu emas, untuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil," kata Khofifah.

 

Dia mengatakan, sebelum ada Masjid Raya Islam Center Jawa Timur di Kota Surabaya, Jatim tidak memiliki masjid raya untuk level provinsi. "Jadi untuk klasifikasi masjid itu kan, ada masjid nasional, masjid raya di tingkat provinsi, ada Masjid Agung, masjid besar. Jadi, ada klasifikasi di mana Pemprov Jawa timur memang belum memiliki masjid untuk level provinsi dan itulah yang disebut masjid raya," kata Khofifah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement