Ahad 30 Apr 2023 20:11 WIB

Menteri PPPA: Perlu Upaya Cegah Urbanisasi Perempuan Jadi PRT

Perempuan dan anak yang kerap kali menjadi objek perekrutan PRT.

Sejumlah tenaga pembantu rumah tangga (PRT) pengganti atau infal beraktivitas di tempat penyedia jasa tenaga kerja Yayasan Bu Gito di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Jumat (31/5/2019). Selepas Lebaran, banyak perempuan yang diajak ke kota besar untuk menjadi pekerja rumah tangga (PRT).
Foto:

Bintang mengingatkan pentingnya perlindungan terhadap pekerja rumah tangga. Terlebih, selama ini PRT yang sebagian besar dari kalangan perempuan sangat rentan terhadap kekerasan, diskriminasi, hingga eksploitasi.

Oleh karena itu, Bintang mengajak semua pihak untuk turut peduli dan mengantisipasi fenomena melonjaknya jumlah PRT non-prosedural yang datang seiring arus balik. Selain itu, ia menilai, pelatihan wirausaha dan keterampilan untuk remaja perempuan perlu digencarkan agar mereka kelak dapat mandiri dan berwirausaha alih-alih menjadi PRT.

"Saya mendorong dan mengajak berbagai pihak untuk mengikuti prosedur yang benar dalam perekrutan PRT dan memastikan mereka mendapatkan jaminan perlindungan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement