Kamis 27 Apr 2023 13:55 WIB

PPP Harap Golkar-PAN Juga Sepakat Usung Ganjar

PPP berharap Golkar dan PAN juga sepakat untuk mengusung Ganjar sebagai capres.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
PPP mendukung Ganjar Pranowo. PPP berharap Golkar dan PAN juga sepakat untuk mengusung Ganjar sebagai capres.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
PPP mendukung Ganjar Pranowo. PPP berharap Golkar dan PAN juga sepakat untuk mengusung Ganjar sebagai capres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menggelar pertemuan di kediaman Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Pertemuan tersebut dilakukan usai Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres).

"Ketum akan bawa hasil Rapimnas ini ke rapat Ketum-Ketum KIB untuk diperjuangkan dan mudah-mudahan semuanya sepakat untuk mendukung calon PPP yang sudah menjadi keputusan Rapimnas," ujar juru bicara PPP, Usman M. Tokan lewat pesan singkat, Kamis (27/4/2023).

Baca Juga

PPP sendiri akan segera menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri. Tujuannya untuk menindaklanjuti hasil rapat pimpinan nasional (Rapimnas) partai berlambang Ka'bah itu.

"Soal hasil pembicaraan pimpinan KIB kita lihat perkembangan lebih lanjut. Mudah-mudahan tetap solid dan bersama-sama turut serta dalam koalisi membangun negeri ini," ujar Usman.

 

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa KIB akan menggelar pertemuan pada Kamis (27/4) malam. Salah satu agendanya adalah membahas usulan bakal capres dari PAN, Partai Golkar, dan PPP.

Pertemuan besok juga disebut akan membahas keberlanjutan KIB untuk menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) 2024.  "Iya besok akan didiskusikan," jawab Viva saat ditanya apakah pertemuan akan membahas usulan nama bakal capres dan keberlanjutan KIB, Rabu (26/4).

PAN sendiri merasa gembira setelah PPP resmi menyatakan dukungannya kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres). Hal tersebut disebut sudah dikomunikasikan dengan PAN dan Partai Golkar.

"PPP sebelumnya telah melakukan komunikasi dan diskusi dengan PAN dan Golkar karena masih di KIB tentang rencana pengumuman penetapan capres. PAN menghormati keputusan PPP tersebut," ujar Viva.

KIB akan menggelar pertemuan pada Kamis (27/4) malam. Agendanya adalah silaturahim tiga ketua umum Partai Golkar, PAN, dan PPP. Serta, membahas kebijakan terkait Pilpres 2024.

"Agenda yang dibahas di antaranya soal kebijakan pilpres dan tantangan bangsa ke depan. Untuk tempat silaturahmi, tuan rumahnya adalah Golkar," ujar Viva.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement