Rabu 08 May 2024 17:55 WIB

Ganjar: Sikap Oposisi Itu Pribadi, Sikap Partai Diputuskan di Rakernas

Keputusan PDIP untuk berada di dalam atau luar pemerintahan sebagai oposisi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo.
Foto: Republiika/Nawir Arsyad Akbar
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyampaikan, pernyataannya soal menjadi oposisi kepada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka merupakan pendapat pribadi di luar PDIP yang menaungi dirinya.

"Iya kan memang saya menyatakan, 'Saya Ganjar Pranowo tidak akan di pemerintah'. 'Kan (itu pernyataan) saya pribadi sebagai capres," kata Ganjar saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (8/5/2024).

Baca: Prabowo Baret Merah dan SBY Baret Hijau Saat Reuni Akabri 1971-1975

Walaupun merupakan kader partai berlambang banteng moncong putih, Ganjar menegaskan, keputusan PDIP untuk berada di dalam atau luar pemerintahan sebagai oposisi baru diputuskan dalam rapat kerja nasional (rakernas) pada akhir Mei 2024. Karena itu, sikapnya sebagai oposisi mewakili pribadi.

"Meskipun saya diusung oleh partai, tetapi pernyataan saya kemarin memang pernyataan sebagai pribadi. Kalau partai kan nanti akan memutuskan pada saat rakernas akhir bulan (Mei)," ujar gubernur Jawa Tengah periode 2013-2023 tersebut.

PDIP dijadwalkan menggelar rakernas pada 24-26 Mei 2024. Rakernas itu akan menjadi momentum arah politik PDIP pada pemerintahan Prabowo-Gibran. Hingga saat ini, PDIP belum mengeluarkan sikap politik untuk pemerintahan baru, meskipun Ganjar sudah mendeklarasikan dirinya sebagai oposisi.

Baca: Sosok Jenderal Sutanto yang Memiliki Kedekatan dengan Prabowo

Ganjar mengaku, akan tetap berpolitik di luar jabatan publik. Pasalnya, masih ada banyak sektor yang dapat dikerjakan dan berkaitan dengan politik.

"Saya kan anggota partai, saya kader partai. Memangnya anggota partai politik semua harus di jabatan politik, kan tidak. Ketika kemudian tidak, kita bisa berbuat banyak. Bisa bicara merespons soal pangan maka bagaimana sih pertanian kita bisa maju, pangan kita mandiri, kita gerak aja langsung di desa," ucap Ganjar.

Dia mencontohkan, kalau di PDIP ada struktur ranting, anak ranting, hingga PAC. Struktur di akar rumput itu merupakan jabatan publik level kepala desa, perangkat, hingga pengusaha.

Baca: Kontak Prabowo, PM Kanada Beri Selamat Kemenangan Pilpres 2024

"Atau barangkali kita membantu kawan-kawan menyiapkan diri dalam jabatan publik. Kaderisasi, pasti saya akan bantu kawan-kawan yang ikut pilkada, terlalu banyak kegiatannya. Hampir semua kehidupan kita politik, jadi banyak yang bisa dikerjakan," ujar Ganjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement