Ahad 23 Apr 2023 21:33 WIB

Layani Pemudik Lebaran, KAI Pastikan Masinis Prima saat Bertugas

KAI pastikan, masinis dan asisten menaati SOP untuk keselamatan pemudik lebaran.

Ilustrasi kereta api angkut pemudik lebaran.
Foto: Dok. HMPJT
Ilustrasi kereta api angkut pemudik lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT KAI Daop 8 Surabaya memastikan masinis dan asisten dalam kondisi prima saat bertugas agar memberikan prioritas terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pemudik dengan kereta api pada masa angkutan Lebaran 2023.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Minggu, mengatakan semua aspek mencakup sumber daya manusia (SDM), sarana, prasarana, maupun hal lain - lain dipersiapkan melalui proses ketat.

Baca Juga

"Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP, serta dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati untuk menjadikan mudik dengan kereta api aman dan berkesan," katanya.

Dari sisi keselamatan, lanjutnya, apabila masinis atau asisten masinis tidak memenuhi persyaratan,tidak dapat melanjutkan tugasnya dan digantikan oleh personel pengganti.

 

"Salah satu kunci keselamatan kereta api adalah asesmen ketat awak sarana perkeretaapian, dalam hal ini adalah masinis dan asisten masinis. Masinis dan asisten masinis wajib datang 45 menit lebih awal untuk melakukan berbagai persiapan," ucapnya.

Menurut dia, setelah mengisi daftar hadir, masinis dan asisten harus menjalani beberapa pemeriksaan kesehatan, seperti suhu tubuh dan tekanan darah, serta melakukan asesmen dengan penyelia kedinasan dalam bentuk wawancara.

"Saat menjalani asesmen dengan penyelia, masinis dan asisten masinis akan diberi beberapa pertanyaan, dan melakukan tes tunjuk sebut semboyan perkeretaapian. Setelah proses asesmen lengkap, keduanya akan menerima dokumen serta perlengkapan perjalanan dinas dan menandatangani atau membacakan pernyataan - pernyataan dinas," ujarnya.

Selain itu, sebelum melakukan tugasnya, masinis dan asisten juga harus melihat, membaca, serta memahami pengumuman dan instruksi di kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kru KA.

Luqman Arif menjelaskan persiapan tersebut merupakan proses yang harus dilalui sebagai salah satu kunci keselamatan kereta api dan pihaknya akan selalu memastikan masinis dan asisten dalam kondisi prima saat bertugas pada masa angkutan Lebaran tahun 2023 maupun pada penugasan sehari - harinya.

"Rangkaian panjang proses yang harus dilalui masinis dan asisten masinis tersebut adalah bukti bahwa KAI mengutamakan perjalanan kereta api dengan menyiapkan awak sarana perkeretaapian terbaik untuk mengantarkan pelanggan dengan selamat sampai stasiun tujuan, serta menjadikan mudik dengan kereta api aman dan berkesan," tuturnya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement