Ahad 23 Apr 2023 21:19 WIB

Antisipasi Kejahatan masa Lebaran, Polres Kendari Intensifkan Patroli

Polres Kendari berupaya mengoptimalkan patroli di masa lebaran.

Ilustrasi polisi berpatroli di masa lebaran.
Foto: Dok. Polres Ciamis.
Ilustrasi polisi berpatroli di masa lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Resor Kota atau Polresta Kendari, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiagakan sebanyak 30-50 personel setiap hari untuk melakukan giat patroli malam di seputar wilayah hukum Polresta Kendari.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman di Kendari Minggu, mengatakan bahwa kegiatan patroli tersebut dilakukan untuk menjaga sejumlah rumah warga yang ditinggal saat melakukan perjalanan mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 hijriah (H)/2023 Masehi (M).

Baca Juga

"Hal itu untuk memberi rasa aman, nyaman, dan lancar bagi para pemudik di wilayah hukum Porlesta Kendari," katanya.

Ia menyampaikan bahwa untuk mengetahui rumah-rumah warga mana saja yang ditinggal mudik dengan meminta data kepada RT, RW, dan Bhabinkamtibmas setempat.

"Sebelumnya, kami telah mengimbau warga yang hendak meninggalkan rumahnya untuk mudik, agar melaporkan kepada RW, RT, atau Bhabinkamtibmas sebagai bentuk pendataan untuk kami melaksanakan kegiatan patroli ke tempat-tempat tersebut. Hal itu kami lakukan sebagai konsep selama masyarakat yang mudik, jangan khawatir, di tempat sini (wilayah hukum Polresta Kendari) akan kami patroli setiap malam," jelasnya.

Ia membeberkan bahwa 30-50 personel setiap harinya yang disiagakan itu merupakan personel dari Brimob dan Samapta Polda Sultra, serta dari Polresta Kendari.

"Mengingat personel kami terbatas untuk luas wilayah Polresta Kendari, kami membentuk tim patroli khusus yang dibantu oleh Brimob Polda Sultra, kemudian Samapta Polda Sultra, dan Polresta Kendari sendiri ini," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa tim itu nantinya akan melakukan patroli dialgois dan menyisir sejumlah tempat-tempat yang rawan terjadi gangguan Kamtibmas.

"Patroli dialogis itu, yakni dengan mendatangi masyarakat yang sedang berkegiatan dan menegur, mengecek tempat-tempat rawan terjadi gangguan Kamtibmas," tutur Muhammad Eka Fathurrahman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement