Jumat 14 Apr 2023 20:15 WIB

Fakta-Fakta Seputar Kecelakaan Maut Tol Semarang-Solo

Setidaknya delapan orang dilaporkan meninggal dalam insiden kecelakaan itu.

Rep: co2/ Red: Teguh Firmansyah
Warga melihat kondisi truk yang mengalami kecelakaan di Jalan Tol Semarang-Solo KM 487, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/4/2023). Berdasarkan data sementara Polda Jawa Tengah, kecelakaan yang melibatkan delapan kendaraan tersebut mengakibatkan enam orang meninggal dunia.
Foto:

3. Rest Area Penuh

Dari keterangan salah satu sopir yang selamat usai kecelakaan, mengatakan alasan tidur di bahu jalan tol lantaran rest area 487 sudah penuh.  "Di rest area penuh ceritanya, sama satpam disuruh jalan, (kendaraan besar semua?) ya campur, (berapa kendaran?) Gatau, saya nggak menghitung, saya cuma jalan pelan-pelan, saya gak kuat bener, makanya tidur sini saja," kata Eka, (Jumat 14/4/2023). 

 "Saya istirahat di dalam mobil, saya di samping tidur, udah masuk di rest area tapi karena penuh saya ga berhenti, karena di sini liat ada yang berhenti ikut berhenti di sini. Tapi begitu liat situasinya sudah kacau," katanya.

Hal tersebut dibenarkan oleh pihak pengelola Rest area 487 Victor Immanuel bahwa rest area di sekitar pukul 04.00 WIB dini hari memang selalu padat. Apalagi mendekati lebaran memberlakukan larangan mobil dengan sumbu 3 atau lebih dilarang melintas per 17 April hingga 21 April 2023.

"Belum, karena memang secara operasional sumbu tiga masih boleh lewat. Tapi menjelang lebaran itu nanti kendaran besar sudah tidak boleh masuk selain sembako," katanya.

"Bisa dipastikan menjelang pagi subuh gitu, Soal trafik kendaraan sini cukup rame lebaran ga lebaran di sini cukup ramai. Tadi pagi di sini saya pastikan penuh, sepertinya lonjakan karena batas waktu untuk menggunakan sumbu tiga jadi mereka gencar, iya terus mengejar (target) terus jadi lonjakan kendaraan besar," katanya mengakhiri.

Pantauan Republika, hingga pukul 17.04 WIB proses evakuasi kendaraan yang mengalami kecelakaan beruntun terus dilakukan oleh pihak kepolisian dan stakeholder terkait. Namun, lantaran proses evakuasi tersebut laju lalu lintas tersendat dan nampak antrian mengular.  Akan tetapi akhirnya pihak kepolisian berhasil mengangkat truk pembawa besi yang menyebabkan Kecelaan beruntun tersebut. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement