Rabu 12 Apr 2023 17:18 WIB

Pj Gubernur Jalin Silaturahim dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama

Ketua Umum PBNU memberikan arahan untuk pembangunan Provinsi Babel

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kepulauan Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu mendatangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Pusat.
Foto: Pemprov Babel
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kepulauan Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu mendatangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kepulauan Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu mendatangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Pusat. Kedatangan Pj Gubernur Suganda langsung disambut dan diterima oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Ketua PBNU H Amin Said Husni, dan Staf Ketum PBNU Ghufron Siroj, Rabu (12/4/2023). 

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Suganda memperkenalkan kondisi daerah Kepulauan Babel dengan berbagai potensi yang dimiliki daerah kepulauan tersebut, kepada para petinggi NU 

Ditemui usai pertemuannya dengan pimpinan NU, Pj Gubernur mendapat sejumlah wejangan dari para pimpinan NU. "Ketua Umum PBNU memberikan arahan untuk pembangunan provinsi kita, Kepulauan Bangka Belitung. Dari arahan beliau, kita bersama pemerintah daerah kabupaten/kota diminta untuk terus menjaga wilayahnya dan  tetap berkoordinasi serta saling bekerja sama," ungkap Pj Gubernur Suganda. 

Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menerima kunjungan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu.  Suganda tiba di gedung PBNU sekitar pukul 12.30 Wib dan disambut langsung oleh Gus Yahya didampingi Ketua PBNU H Said Amin Husni. Pertemuan berlangsung di Kantor PBNU Jalan Kramat Raya Nomor 164, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (12/4/2023). Suganda menuturkan, kunjungan tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus mendiskusikan pencanangan potensi kolaborasi sejumlah program Provinsi Kepulauan Bangka Beitung dengan NU. 

“Untuk pembangunan Bangka Beiltung ke depan seperti apa, tentunya kita menjaga kondusivitas di pemerintah daerah sana dengan tetap berkoordinasi kerja sama” kata Suganda.  Sementara itu, H Said Amin Husni mengatakan bahwa PBNU menyambut baik penjajakan kerja sama, mengingat PBNU dan jajaran NU di daerah adalah mitra strategis bagi pemerintah. 

photo
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kepulauan Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu mendatangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Pusat. - (Pemprov Babel)

 

“Pj Gubernur Bangka Belitung memohon kerja samanya dengan PBNU dan jajaran PBNU di tingkat daerah karena beliau menyadari bahwa PBNU dan NU di daerah adalah mitra yang sangat penting pagi pemerintah provinsi Bangka Belitung dan Ketua Umum menyambut baik apa yang disampaikan oleh pak Gubernur,” tutur Amin dalam siaran persnya.

“Banyak program-program yang mudah-mudahan bisa dilakukan secara kolaboratif antara NU dengan pemerintah Provinsi Bangka Belitung,” imbuh dia. Kunjungan Suganda merupakan kunjungan perdananya setelah resmi ditunjuk sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Suganda resmi memimpin Kepulauan Bangka Belitung setelah pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan yang dilakukan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tirto Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta pada Jumat (31/3/2023).

Penunjukan Suganda sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 25/P Tahun 2023 tentang Penghentian dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.  Sebelum dilantik menjadi Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Suganda tercatat pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Ombudsman RI sejak 2018 selama 5 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement