Rabu 12 Apr 2023 04:10 WIB

Sambut Mudik, Kondisi Jalanan Kota Tangerang Diklaim Aman 98 Persen

Dari 255 km jalan di Kota Tangerang, sepanjang 251 km mantap untuk dilewati pemudik.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Erik Purnama Putra
Dinas PUPR Kota Tangerang menjamin jalanan di Kota Tangerang siap dilintasi pemudik.
Foto: Dok Pemkot Tangerang
Dinas PUPR Kota Tangerang menjamin jalanan di Kota Tangerang siap dilintasi pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Menghitung hari menjelang mudik Lebaran 2023, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang memastikan jalanan di wilayahnya dalam kondisi mantap untuk dilalui para pengendara. Bahkan, kondisi jalanan di Kota Tangerang diklaim sudah 98 persen aman dan nyaman untuk dilalui pemudik.

"Kota Tangerang memiliki 251 ruas dan 255 kilometer (jalan) sudah siap untuk dilewati dalam arus mudik lebaran tahun 2023. Kondisi jalan saat ini sudah 98 persen mantap," kata Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (11/4/2023).

Ruta menjelaskan, jajarannya juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dan pemerintah pusat, khususnya untuk jalanan yang menjadi perlintasan atau jalur mudik di arah timur ke barat, yaitu Jalan Daan Mogot, Jalan Merdeka, dan Jalan Gatot Subroto.

Kemudian lintasan arah selatan ke utara melalui Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan M Toha. Ruta menerangkan, tim operasional jalan Dinas PUPR akan selalu siaga hingga arus balik untuk melakukan sweeping atau patroli mencari dan menambal titik yang berlubang.

Tak hanya itu, dia melanjutkan, tim operasional drainase dan sumber daya air juga akan disiagakan untuk antisipasi terjadinya hujan. Tim terus berjalan karena jalan terus digunakan dan dinamis. Sehingga, petugas di lapangan selalu siaga untuk melakukan perbaikan jalan.

"Tim ada tersebar di 13 Kecamatan dengan personel 780 orang akan siaga meskipun nanti ada cuti Lebaran," ujar Ruta.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan mematuhi lalu lintas selama menjalankan mudik Lebaran. Pun dengan masyarakat diharapkan untuk berpartisipasi untuk melaporkan keluhan atau adanya temuan jalan yang berlubang melalui aplikasi Tangerang LIVE dengan fitur LAKSA.

"Kami dari Dinas PUPR Kota Tangerang terus berupaya semaksimal mungkin untuk mempersiapkan sarana jalan dan jembatan untuk kenyamanan lalu lintas mudik Lebaran dan arus balik," ujar Ruta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement