Kamis 06 Apr 2023 13:21 WIB

M Idris: 20 Masjid di Kota Depok Dapat Dana Hibah pada Tahun Ini

Pemkot Depok menyalurkan dana hibah Rp 50 juta-Rp 250 juta untuk pembangunan masjid.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Erik Purnama Putra
Wali Kota Depok, Mohammad Idris.
Foto: Istimewa
Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyebutkan, ada sekitar 20 lokasi di wilayahnya yang telah mendapat dana hibah untuk pembangunan masjid. "Sebanyak 20 masjid di Kota Depok mendapatkan bantuan dana hibah tahun ini," jelas Kiai usai menghadiri Tarawih Keliling (Tarling) ke Masjid Al-Ikhlas, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Kamis (6/4/2023).

Menurut Idris, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyalurkan dana hibah pembangunan masjid senilai puluhan juta hingga maksimal ratusan juta. "Nominalnya rata-rata mendapat antara Rp 50 juta hingga Rp 250 juta, sebarannya tidak di seluruh kecamatan, karena beberapa kecamatan fokusnya pada posyandu," katanya.

Pada kesempatan itu juga, Idris menyerahkan langsung dana hibah sebesar Rp 150 juta kepada Masjid Al-Ikhlas. Ketua DKM Al-Ikhlas pun menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan Pemkot Depok.

"Kami dari jemaah Masjid Al-Ikhlas dan warga Perumahan Taman Anyelir 2 menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemkot Depok, berupa dana hibah sebesar Rp 150 juta," tutur Ketua DKM Al-Ikhlas, Inugraha.

 

Inugraha mengatakan, pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan kepada Pemkot Depok sejak Febuari 2022. Dana tersebut akan digunakan salah satunya untuk penyelesaian atap kubah masjid sebesar Rp 55 juta.

"Kemudian untuk pekerjaan pintu dan jendela, itu kurang lebih Rp 95 juta. Jadi, semua ditotal jadi Rp 150 juta. Insya Allah dengan bantuan yang diberikan kita akan optimalkan dan prinsipnya adalah pertama kami akan transparan, karena ini dana umat sebisa mungkin harus transparan, sekecil apapun serupiah akan kami laporkan kepada jemaah," ujarnya.

Selain mendapat dana hibah sebesar Rp 150 juta, Masjid Al-Ikhlas juga mendapatkan bantuan operasional masjid sebesar Rp 10 juta. Selain itu, Idris juga menyerahkan bantuan Alquran serta jam dinding hingga buku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement