Jumat 31 Mar 2023 14:54 WIB

Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat 2023 Jadi Momentum Bangkitkan Industri Film

Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat 2023 digelar untuk pertama kalinya.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nora Azizah
Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat 2023 yang digelar untuk pertama kalinya, jadi momentum kebangkitan industri perfilman di tanah air.
Foto: www.freepik.com
Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat 2023 yang digelar untuk pertama kalinya, jadi momentum kebangkitan industri perfilman di tanah air.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) berharap Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat 2023 yang digelar untuk pertama kalinya, jadi momentum kebangkitan industri perfilman di tanah air. "Saya ingin mendorong ekonomi kreatif di bidang film ini lebih maju lagi di Jawa Barat. Makanya Piala Gubernur untuk festival film pendek yang dikelola, dilaksanakan, dimotivasi oleh Parfi, Bu Alicia Johar," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat menghadiri Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat 2023 di TVRI Jawa Barat, Kamis (30/3/2023).

"Hasilnya, kata Emil, ternyata Luar biasa, bagus-bagus. Saya juga terharu. Ternyata kreativitas zaman sekarang ini luar biasa," tambanya.

Baca Juga

Selain itu, menurut Emil, adanya kreativitas dalam bidang film ini juga bisa menjadi sumber ekonomi masyarakat serta diplomasi. Hal itu, seperti yang dilakukan oleh Korea Selatan pada saat ini.

Emil mengatakan, industri film Korea sekarang ini sangat mendunia, bahkan telah menjadi salah satu konsumsi utama khalayak masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, ia akan mendukung penuh industri film di Jawa Barat, agar terus berkembang menjadi lebih kreatif dalam konten-kontennya di masa mendatang.

"Mudah-mudahan dengan begini kita bisa menyusul Korea," katanya.

Emil berharap, Indonesia bisa seperti Korea menggunakan film sebagai sumber ekonomi dan diplomasi tingkat budaya yang lebih tinggi lagi. 

"Tahun depan Insya Allah lebih maju, lebih keren. Festival Film Pendek ini pertama kali digelar, saya dukung," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement