Ahad 19 Mar 2023 13:43 WIB

Anak Muda Kreatif Papua Rakit Laptop dan Ponsel Pakai Merek Sendiri

Sistem operasi yang dikembangkan siswa SMK di Papua memiliki pengamanan data pribadi.

Siswa SMK Negeri 3 Jayapura yang tergabung dalam PYCH yang berhasil melakukan pengembangan sistem operasi ponsel dan laptop.
Foto: Dok PYCH
Siswa SMK Negeri 3 Jayapura yang tergabung dalam PYCH yang berhasil melakukan pengembangan sistem operasi ponsel dan laptop.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Anak muda kreatif di Bumi Cenderawasih yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH) segera meluncurkan brand ponsel dan laptop pertama di Papua dengan nama TOP.ID. Mereka adalah siswa SMK Negeri 3 Jayapura yang berhasil melakukan pengembangan sistem operasi ponsel dan laptop.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapuslitbang) Badan Intelijen Negara (BIN), Armi Susandi mengatakan, para siswa itu berada di bawah pembinaan langsung Puslitbang BIN. "Pembinaan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan semangat inovasi dan kreativitas anak muda Papua khususnya dalam bidang teknologi informasi," ujar Armi di Jakarta, Sabtu (18/3/2023).

Menurut Armi, gawai dengan merek sendiri, setelah program tersebut diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan pada 21 Maret 2023. TOP.ID merupakan kependekan dari Torang Papua Indonesia.

"Sistem operasi yang dikembangkan oleh siswa SMK di Papua ini didesain memiliki sistem pengamanan terhadap data pribadi yang tinggi selain tentunya memiliki fitur-fitur canggih yang dapat memudahkan penggunaan gadget smartphone dan laptop," jelasnya.

 

Selain itu, kata Armi, sistem operasi juga memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan. "Keberhasilan pengembangan sistem operasi ini menjadi bukti bahwa putra-putri Papua memiliki potensi besar dalam bidang teknologi dan dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang dapat bersaing dengan produk-produk dari negara lain," ucapnya.

Armi mengatakan, dengan adanya terobosan tersebut, anak-anak Papua dapat lebih tertarik untuk mempelajari dan mengembangkan teknologi pada masa depan. TOP.id merupakan brand ponsel dan laptop pertama yang asli rakitan anak Papua.

Peluncuran merek itu nantinya diresmikan oleh Presiden Jokowi saat datang ke Papua bersamaan dengan peresmian gedung Papua Youth Creative Hub sebagai wadah anak-anak muda di sana dalam berkreasi secara produktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement