Ahad 05 Mar 2023 00:15 WIB

Ratusan Warga Kudus Mengungsi Akibat Banjir

Banjir kian meluas di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dan berdampak pada ratusan warga.

Seorang warga melintasi jalan yang terendam banjir.
Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Seorang warga melintasi jalan yang terendam banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Sebanyak 471 warga dari enam desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terpaksa mengungsi setelah banjir yang terjadi semakin meluas dan genangannya juga semakin meningkat. "Jika sebelumnya yang mengungsi hanya dari empat desa, yakni Desa Payaman, Tanjungkarang, Gulang dan Jati Wetan, kini ada tambahan dua desa lagi. Yakni Desa Karangrowo dan Jetiskapuan," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Mundir di Kudus, Sabtu (4/3/2023).

Sehari sebelumnya, yakni Jumat (3/3/2023), kata dia, jumlah pengungsi 396 jiwa, maka pada Sabtu (4/3/2023) bertambah menjadi 471 jiwa. Ratusan pengungsi tersebut, kata dia, ada yang mengungsi di balai desa, gedung PKK setempat serta ada yang mengungsi di tempat ibadah, seperti gereja dan kelenteng.

Baca Juga

Sementara dapur umum yang disiapkan, imbuh dia, ada yang di balai Desa Payaman, Gulang, Jati Wetan, masjid dan gereja. Pasokan logistik bahan makanan, kata dia, ada yang dipasok dari BPBD serta ada yang dari Pemerintah Pusat, provinsi serta dinas sosial kabupaten.

Untuk memastikan kesehatan para pengungsi, maka dilibatkan tim kesehatan dari Puskesmas Jati, Jepang, Ngemplak dan Mejobo yang bertugas memeriksa kondisi kesehatan para pengungsi secara periodik. "Data pengungsi akan terus dimutakhirkan, terlebih curah hujan cenderung naik dan turun," ujarnya.

Untuk desa terdampak banjir di Kecamatan Mejobo, yakni Desa Temulus, Payaman Gulang, dan Golantepus. Sedangkan di Kecamatan Jati ada Desa Tanjungkarang, Jati Wetan dan Jetiskapuan. Kemudian di Kecamatan Undaan meliputi Desa Ngemplak, Karangrowo, Undaan Lor dan Wates.

Adapun jumlah rumah tergenang banjir sebanyak 1.977 rumah yang tersebar di Kecamatan Jati, Undaan, dan Mejobo. Sedangkan areal persawahan yang terdampak mencapai 4.924 hektare yang tersebar di lima kecamatan, yakni Kecamatan Mejobo, Jati, Undaan, Jekulo dan Kaliwungu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement