Kamis 02 Mar 2023 23:44 WIB

Maksimalkan Pengelolaan Sampah, Kota Sukabumi Raih Sertifikat Adipura

Sertifikat Adipura ini dalam kinerja dan pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan sertifikat adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).  (ilustrasi)
Foto: istimewa
Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan sertifikat adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan sertifikat adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Sertifikat Adipura ini dalam kinerja dan pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau wilayah kota tahun 2022.

Penghargaan Sertifikat Adipura untuk penilaian tahun 2022 ini diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (28/2/2023). Di mana penghargaan ini diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi Asep Irawan.

Baca Juga

''Alhamdulillah hari Selasa, Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan lingkungan hidup dan kebersihan kota berupa sertifikat adipura dari pemerintah pusat,'' ujar Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kota Sukabumi, Iskandar, Kamis (2/3/2023). Sebelumnya penilakan kebersihan lingkungan sebelumnya ditiadakan selama dua tahun karena terdampak pandemi Covid-19.

Evaluasi ini dilaksanakan 2022 dan penghargaan 2023. Hal ini menjadi kebanggaan karena bisa meraih prestasi terbaik dan di Jabar hanya beberapa daerah yang mendapatkannya.

Di mana peraih Piala Adipura Propinsi Jawa Barat yakni Kota Bogor (kota besar) dan Kabupaten Ciamis (kota kecil) Sementara peraih sertifikat Adipura Provinsi Jawa Barat yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Indramayu ( Kota Kecil), Kota Sukabumi (Kota Sedang), Kota Cimahi (Kota sedang), dan Kota Bandung (Kota Metropolitan).

Secara umum penganugerahan Adipura tahun 2022 diikuti oleh 258 kab/ kota se Indonesia. Meliputi 5 Piala Adipura Kencana, 80 Piala Adipura, 61 Sertifikat Adipura dan 4 Plakat Adipura.

''Penghargaan ini memacu masyarakat dan perangkat pemerintah daerah terus berupaya menjaga kebersihan dan lingkungan hidup,'' kata Iskandar. Sehingga pada tahun mendatang bisa meraih piala adipura.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pemkot berupaya melakukan pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau dengan maksimal. Targetnya lingkungan bisa terjaga dengan baik agar mendorong suasana kota yang indah dan bersih.

''Alhamdulillah kinerja ini diapresasi pemerintah pusat dengan raihan Sertifikat Adipura,'' kata Fahmi. Hal ini berkat dukungan dari semua pihak dan ke depan akan terus berkolaborasi dalam pembangunan termasuk menjaga kebersihan dan lingkungan hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement