Jumat 17 Feb 2023 11:06 WIB

Megawati Sindir Kebijakan Jenderal Andika Tinggi Taruna TNI 160 Cm

Megawati mengajak Panglima TNI Laksamana Yudo menaikkan syarat tinggi masuk TNI.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri, mempermasalahkan tinggi badan seseorang, khususnya untuk menjadi calon taruna TNI dan calon pasangan cucunya.

Megawati awalnya mempersoalkan syarat tinggi badan calon taruna TNI hanya 160 sentimeter (cm) di hadapan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang hadir dalam kegiatan itu. Megawati tak menyukai kebijakan yang dikeluarkan pada era Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Dia merasa calon taruna TNI sebaiknya mempunyai tinggi 180 cm. "Dik (Andika), lha ngopo lho, Dik. Saya gembor-gemborin pemuda Indonesia tingginya 180 cm. Lah tahu-tahu kamu keluarin yang namanya tinggi minimum 160 cm, iki ngopo toh?" kata Megawati dalam Seminar Nasional Pancasila dalam Tindakan di Jakarta Selatan pada Kamis (16/2/2023).

Megawati pun menyinggung alasan Jenderal Andika, yang mengaku sulit menemukan calon taruna dengan tinggi 180 cm di Indonesia. Alasan itu tak membuat Megawati puas. Ia lantas menawar syarat tingginya 170 cm.

 

"Yo jangan 160 cm lah. Mbok bilang, 'Biar rada keren, ya 170 cm lah', sampai nawar gitu lho," ujar ketua umum DPP PDIP itu.

Megawati lantas menyinggung Yudo. Dia mengajak Yudo memperbaiki masalah itu salah satunya dengan mengatasi stunting. "Pak Yudo, ini mesti diomongin ibu-ibunya, kenapa? Akibat stunting tadi, iki piye toh?" ujar putri Presiden Sukarno tersebut.

Selain itu, Megawati berharap, calon pasangan cucunya punya tinggi badan minimal 180 cm. Dia menyebut, punya tujuh cucu yang terdiri atas lima perempuan dan dua laki-laki. Ia memperingatkan, cucu perempuannya agar tak menggandeng laki-laki yang pendek.

"Lho iya dong maunya 180 (cm). Saya ngomongin dong ke cucu saya, 'Yang keren dong, ganteng'. Yang ini kan lima perempuan, cantik-cantik lagi. Aduh, aku ya sayang loh, kalau dipek wong elek," ujar Megawati.

Megawati tak ingin cucunya dinikahi oleh laki-laki dengan tinggi di bawah 180 cm. "Sekarang aku bilang, 'Kalau ada yang naksir, enggak usah kelenger dulu ya. Dijejer-jejer aja, liatin dulu supaya tanding, jangan cari yang pendek ya'," kata Megawati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement