Kamis 29 Aug 2024 15:06 WIB

PDIP Siap Beri Kejutan untuk Pilgub Jabar 2024

Hingga Kamis siang, PDIP belum mengumumkan siapa cagub dan cawagub Jabar.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono
Foto: Edi Yusuf
Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PDIP menyampaikan akan ada kejutan tentang siapa sosok yang akan diusung sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024. PDIP sampai Kamis (29/8/2024) siang WIB, masih belum mengumumkan sosok cagub Jabar.

Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono mengatakan, akan ada kejutan tentang siapa yang akan ditunjuk oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk posisi cagub-cawagub di provinsi tersebut. "Jabar adalah wilayah yang besar dengan hak pilih terbesar di Indonesia," kata Ono dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (29/8/2024).

Baca Juga

Ono mengatakan, DPD PDIP Jabar menunggu keputusan Megawati sebagai penentu tentang siapa yang bakal diusung. Hal itu karena PDIP bisa mengusung cagub dan cawagub sendiri di Jabar, usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Untuk pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat yang akan diusung, adalah figur yang akan memberikan kejutan untuk rakyat Jawa Barat. Sehingga figur tersebut adalah figur yang akan diterima oleh rakyat Jawa Barat," kata Ono.

Menurut dia, ada kemungkinan cagub maupun cawagub yang akan diusung PDIP di Jabar, berasal dari kalangan kader partai maupun partai lainnya. Tapi yang pasti, kata Ono, PDIP masih punya waktu sampai dengan Kamis pukul 23.59 WIB, untuk mendaftarkan cagub-cawagub yang akan diusung.

Hingga kini, sudah ada calon yang maju Pilgub Jabar 2024. Mereka adalah pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang diusung oleh Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, dan PAN. Adapun pasangan Ahmad Saikhu-Ilham Habibie diusung oleh PKS, Nasdem, dan PPP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement