Kamis 16 Feb 2023 17:25 WIB

Bubarkan Ganjar Pranowo Mania, Ebenezer Bawa Joman Dukung Prabowo Capres 2024

Ebenezer segera mendeklarasikan Prabowo Mania 08.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Ketua Joman Immanuel Ebenezer mengunjungi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Kamis (16/2/2023). Joman menyatakan mendukung Prabowo sebagai capres 2024. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Ketua Joman Immanuel Ebenezer mengunjungi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Kamis (16/2/2023). Joman menyatakan mendukung Prabowo sebagai capres 2024. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Jokowi Mania (Joman), Immanuel Ebenezer mendatangi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Salah satu agendanya adalah menyampaikan keputusan kelompoknya untuk mendukung Menteri Pertahanan itu sebagai calon presiden (capres) pada 2024.

"Kita (setelah pertemuan) akan mendeklarasikan Prabowo Mania 08. Jadi bukan relawan, tapi pendukung atau timses Pak Prabowo untuk 2024," ujar pria yang akrab disapa Noel itu di depan kediaman Prabowo, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga

Jelasnya, Prabowo Mania 08 itu akan bertransformasi menjadi organisasi masyarakat (ormas), bukan lagi kelompok relawan. Alasannya, sebuah ormas disebutnya lebih strategis, tanpa dijelaskan lebih detail hal tersebut.

"Yang jelas kita akan membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan pencapresan Pak Prabowo untuk 2024, itu yang pasti," ujar Noel.

Joman sendiri melihat Prabowo memiliki karakteristik yang sama seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keduanya dipandangnya sebagai sosok yang luar biasa. "Ini orang nekat, Pak Jokowi itu punya karakter yang nekat, tidak punya beban. Sebaliknya, Pak Prabowo juga begitu," ujar Noel.

Noel sendiri merupakan inisiator Ganjar Pranowo (GP) Mania yang sudah resmi membubarkan diri. Alasannya, tidak ada gagasan maupun keberanian dari Ganjar Pranowo menjadi alasan utama pembubaran.

Ia menuturkan, ekspektasi mereka kepada Ganjar Pranowo ketika deklarasi dukungan tentu sosok Ganjar akan memberikan gagasan dan tawaran bagi bangsa Indonesia ke depan. Sayangnya, dua tahun terakhir, semua itu tidak ditemukan dari Ganjar.

Kemudian, ia mengungkapkan, mereka menilai sosok Ganjar Pranowo tidak memiliki keberanian sedikitpun. Termasuk, dalam penyampaian-penyampaian yang disampaikan ke publik, mereka merasa Ganjar Pranowo tidak berhasil meyakinkan masyarakat.

Tidak cuma masyarakat, ia merasa, Ganjar Pranowo tidak berhasil pula meyakinkan pendukungnya sendiri, bahkan partainya sendiri. Karenanya, Noel merasa, percuma jika mereka mendukung sosok yang tidak memiliki gagasan dan keberanian.

"Itu tidak kita temui di Mas Ganjar, buat apa kita mendukung orang yang tidak punya nyali, sudah tidak punya nyali tidak punya gagasan, kita tidak mau itu," ujar Noel, Kamis (9/2/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement