Rabu 15 Feb 2023 23:27 WIB

BPOM Palembang Siapkan Pengawasan Pangan Jelang Ramadhan

Masyarakat diimbau mengecek kemasan makanan sebelum mengonsumsinya.

Petugas Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palembang, Sumatra Selatan, menyiapkan sejumlah langkah pengawasan kualitas dan kesehatan pangan menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah. (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Petugas Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palembang, Sumatra Selatan, menyiapkan sejumlah langkah pengawasan kualitas dan kesehatan pangan menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palembang, Sumatra Selatan, menyiapkan sejumlah langkah pengawasan kualitas dan kesehatan pangan menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah. Kepala BPOM Kota Palembang Zulkifli mengatakan, menjelang bulan Ramadhan, yang pertama dilakukan adalah melakukan pengawasan terhadap distributor pangan pada bulan itu termasuk pasar eceran.

Selanjutnya, pihaknya akan menyurati Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan setempat agar memberikan sosialisasi kepada pedagang. "Sebelum memasuki bulan Ramadhan, kami bersama dinas terkait akan memberikan arahan agar para pedagang itu tidak menjual makanan yang mengandung zat yang berbahaya," ujarnya, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga

Setelah para pedagang itu diberikan sosialisasi, dia berharap pada Ramadhan nantinya tidak ada lagi ditemukan makanan yang mengandung zat berbahaya. Saat ini BPOM Kota Palembang sedang menggalakkan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) keamanan pangan kepada masyarakat.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan tiga program pemberdayaan yakni pasar aman dari bahan berbahaya, pembinaan keamanan PJAS (pangan jajanan anak sekolah), serta gerakan keamanan pangan desa. "Dalam rangka strategi pencegahan KIE kami sudah melakukan penyebaran informasi pada masyarakat bersama anggota Komisi IX DPRD Palembang, dan juga telah menyebarkan informasi tingkat kabupaten, kecamatan, desa," kata dia.

Zulkifli mengimbau seluruh masyarakat agar tetap melakukan Cek Klik pada kemasan makanan sebelum mengonsumsi. "Kami mengimbau masyarakat tetap melakukan pengecekan melalui Cek Klik untuk produk-produk makan dan minuman siap saji, apa yang kami sampaikan ini tentu berpotensi mengandung bahan berbahaya dengan cirinya seperti apa," kata dia.

Produk makanan dan minuman, serta jajanan pada bulan Ramadhan akan terus ditingkatkan pengawasannya karena tidak menutup kemungkinan akan terus muncul menggunakan zat-zat pengawet yang tidak sesuai rekomendasi dari bidang kesehatan. Oleh karena itu, ia juga mengimbau para pedagang makan dan minuman yang biasanya bermunculan pada bulan puasa terutama di pasar-pasar beduk untuk berbuka puasa menghindari penggunaan zat-zat berbahaya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement