Selasa 14 Feb 2023 20:15 WIB

UIN Lampung Gelar Latihan Motivasi Diri untuk Narapidana

Dengan mengikuti latihan motivasi diri, narapidana diharapkan semakin mandiri.

Pelatihan narapidana wanita
Foto: centroone.com
Pelatihan narapidana wanita

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Mahasiswa dan dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Lampung memberikan pemahaman tentang kepribadian kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Bandarlampung.

Kalapas Kelas I Maizardi mengatakan pemberian pemahaman kepribadian terhadap warga binaan tersebut merupakan bentuk kerja sama antara lapas dan UIN Lampung. "Kerja sama ini sangat baik dilakukan, karena ini bekal yang akan selalu mereka bawa. Apalagi mengingat sebentar lagi akan masuk bulan Ramadhan," katanya di Bandarlampung, Senin (13/2).

Selain melakukan kerja sama dengan UIN Lampung, pihaknya juga bekerja sama dalam pelatihan untuk warga binaan setempat.

Kerja sama tersebut di antaranya, koperasi lapas, pelatihan tapis, tata boga, dan pengelasan.

"Selain pembinaan kepribadian kita juga ada pembinaan kemandirian untuk bekal warga binaan. Mudah-mudahan dengan kerja sama pembinaan ini, warga binaan dapat lebih bermanfaat lagi atas kemampuan yang mereka dapat," kata dia.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung Ahmad Isnaeni mengatakan dalam memberikan pembinaan kepribadian pihaknya akan menempatkan beberapa mahasiswa untuk magang di lapas tersebut.

"Kita akan mengirimkan mahasiswa untuk magang, kemudian dosen Kalau diberi izin oleh kalapas untuk melakukan pembinaan. Mereka nantinya akan memberikan program studi sosiologi agama dan politik Islam," katanya.

Selain itu, para dosen nantinya memberikan pembinaan kepada warga binaan berupa pembinaan pengajian serta pelatihan keagamaan dan kebangsaan.

"Nanti akan koordinasi lebih lanjut dengan pihak Lapas," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement