Rabu 28 Dec 2022 11:43 WIB

Akselerasi Transformasi Digital Dukung Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

Prodi Sistem Informasi Universitas BSI gelar seminar tentang akselerasi transformasi

Prodi Sistem Informasi Universitas BSI gelar seminar tentang akselerasi transformasi.
Foto: UBSI
Prodi Sistem Informasi Universitas BSI gelar seminar tentang akselerasi transformasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK – Era digital merupakan kemajuan teknologi yang menyusupi berbagai aspek kehidupan yang sebelumnya analog menjadi serba digital. Hal ini yang membuat program studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak mengadakan seminar bertajuk Seminar Akselerasi Transformasi Digital untuk Mendukung Ekonomi Kreatif.

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Aula Universitas BSI kampus Pontianak pada Kamis (15/12/2022). Acara ini menghadirkan dua narasumber yakni Muhammad Sony Maulana selaku ketua program studi (Kaprodi) Sistem Informasi Universitas BSI kampus Pontianak dan Syamsul Akbar selaku kepala bidang Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Telematika Diskominfo Kota Pontianak.

Baca Juga

Syamsul menjelaskan era digital adalah masa ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital. Saat ini, semua telah memasuki revolusi industri ke-4, di mana kegiatan manufaktur terintegrasi melalui penggunaan teknologi wireless dan big data secara masif.

“Revolusi industri 4.0 sebagai tantangan baru bagi industri yang menuntut transformasi ekonomi secara komprehensif. Prinsip revolusi industri 4.0 yakni memiliki interkoneksi, transparansi informasi, dukungan teknis, dan keputusan terdesentralisasi,” jelas Syamsul dalam keterangan rilis, Kamis (22/12/2022). 

Ia menambahkan, berdasarkan data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 77.02 %. Konten internet yang paling sering di akases adalah aplikasi investasi atau trading online.

“Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia telah berada pada era digital. Bukti dari transnformasi di era digital saat ini adalah dalam bidang pendidikan contohnya manual based menjadi electronic based, pasar konvensional menjadi e-commerce, dan lain sebagainya,” imbuhnya. 

Muhammad Sony Maulana berharap melalui kegiatan ini mahasiswa mendapatkan tambahan ilmu dan gambaran peluang karier seorang mahasiswa Sistem Informasi Universitas BSI. “Dengan digelarnya ini, diharapkan memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai transformasi digital dan peluang mahasiswa Sistem Informasi, di masa depan dengan berbagai kualifikasi yang harus disiapkan,” tutup Sony. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement