Rabu 28 Dec 2022 11:37 WIB

Terjangan Gelombang Pasang Perairan Sulawesi Rusak Jalan di Majene

Jalan trans Sulawesi di pesisir Desa Tammerodo rusak diterjang gelombang pasang

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Jalan trans Sulawesi di pesisir Desa Tammerodo rusak diterjang gelombang pasang. Ilustrasi.
Foto: Kyodo News via AP
Jalan trans Sulawesi di pesisir Desa Tammerodo rusak diterjang gelombang pasang. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU - Jalan trans Sulawesi di pesisir Desa Tammerodo Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat rusak akibat diterjang gelombang pasang dari Perairan Sulawesi. Separuh badan jalan trans Sulawesi di Desa Temmerodo Kabupaten Majene yang menghubungkan dengan Kota Mamuju ibukota Provinsi Sulbar tampak jatuh ke laut setelah dirusak gelombang pasang di Majene, Selasa (28/12/2022).

Jalan tersebut mengalami abrasi sehingga tidak bisa dilalui kendaraan secara berpapasan. Jalan itu hanya bisa dilalui satu jalur untuk kendaraan yang melintas.

Baca Juga

"Masyarakat diminta berhati-hati melintasi jalan tersebut, meskipun telah diberikan tanda bahwa separuh badan jalan tersebut mengalami longsor setelah gelombang pasang terus melanda pesisir Majene," kata Hermadi salah seorang warga di Majene.

Ia mengatakan untuk melalui jalur itu diberlakukan antrian sehingga kondisi tersebut cukup menghambat perjalanan dari Majene menuju Kota Mamuju. Apalagi, kata dia, sejumlah daerah lainnya di jalur trans Sulawesi Majene menuju juga mengalami kerusakan yakni di jalur trans Sulawesi Kelurahan Rangas Kecamatan Banggae Kabupaten Majene.

Hermadi meminta pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut agar dapat kembali dilakuk masyarakat pengguna jalan dengan lancar. Balai Pemeliharaan Jalan Nasional (BPJN) Sulbar menyampaikan jalan yang rusak akibat gelombang pasang tersebut sementara dilakukan perbaikan agar dapat dilalui pengguna jalan.

Kepala BPJN Sulbar Sjofva Rosliansyah mengatakan jalan tersebut akan dilakukan perbaikan dengan membangun dinding penahan ombak dan batu gajah agar kembali jalan tersebut dapat dilalui dengan lancar oleh masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement