Kamis 24 Nov 2022 17:35 WIB

Kolaborasi UBSI & DCC Hadirkan BSI Digination untuk Pengalaman Seru Para Siswa

Universitas BSI kampus Tasikmalaya menggelar acara BSI Digination

Universitas BSI kampus Tasikmalaya menggelar acara BSI Digination pada Jumat-Sabtu, 18-19 September 2022 di aula Universitas BSI kampus Tasikmalaya.
Foto: UBSI
Universitas BSI kampus Tasikmalaya menggelar acara BSI Digination pada Jumat-Sabtu, 18-19 September 2022 di aula Universitas BSI kampus Tasikmalaya.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA - Dalam upaya optimalisasi kebutuhan talenta digital Indonesia, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Tasikmalaya sebagai Kampus Digital Kreatif bekerja sama dengan Digital Creative Center (DCC) sukses menggelar acara BSI Digination yang dikemas dalam bentuk workshop dan kunjungan industri.

Mengundang empat sekolah di Tasikmalaya yaitu SMA Negeri 3 Tasikmalaya, SMK Manangga Pratama, SMK Negeri 1 Tasikmalaya, serta SMK Negeri 2 Tasikmalaya, Universitas BSI kampus Tasikmalaya menggelar acara BSI Digination pada Jumat-Sabtu, 18-19 September 2022 di aula Universitas BSI kampus Tasikmalaya. Hadir dalam kegiatan ini Ibnu Alfarobi selaku CEO Digital Creative Center (DCC), Kukuh Panggalih selaku Head of Production BSI TV & Radio, serta Haerul Fatah selaku content creator specialist sebagai narasumber.

Baca Juga

Haerul memberikan materi terkait mendesain konten menggunakan Canva. Dalam materinya dijelaskan proses untuk membuat sebuah konten menggunakan canva perlu memperhatikan berbagai aspek seperti platform yang digunakan, harmonisasi warna, ukuran desain, komposisi gambar dan tulisan serta tujuan pembuatan konten.

“Dalam pembuatan konten harus diperhatikan tujuan pembuatan konten dan isi konten yang akan dibuat karena dua hal ini akan mempengaruhi desain mulai dari pemilihan size, warna, hingga komposisi desain,” jelas Haerul.

Dua narasumber lainnya yakni Ibnu dan Kukuh mengajarkan para siswa untuk membuat sebuah acara dengan memanfaatkan studio mini yang ada di Universitas BSI kampus Tasikmalaya. Ibnu menjelaskan pada para peserta untuk membagi kelompok kemudian membagi peran masing-masing anggota kelompok untuk membuat sebuah podcast.

“Dalam acara BSI Digination kita mengenalkan pada siswa mengenai dunia penyiaran. Peserta dapat memanfaatkan studio mini untuk membuat sebuah acara podcast,” jelasnya. 

Reisya, salah satu peserta BSI Digination, menjelaskan acara BSI Digination selain memberikan ilmu mengenai desain konten juga memberikan pengalaman menjadi host dan narasumber. “Seru banget bisa diundang dalam acara BSI Digination. Di sini selain belajar membuat desain konten kita juga belajar bagaimana menyusun sebuah acara podcast. Saat podcast ini sangat menantang karena kita diminta menjadi host dan narasumber secara mendadak tanpa adanya coaching terlebih dahulu, tetapi hal inilah menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi kami,” ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement