Ahad 13 Nov 2022 16:43 WIB

Desa Sambut Baik Kegiatan BSI Explore 2023 di Sukabumi

BSI Explore 2023 merupakan program yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat

Tim dari Universitas BSI kampus Sukabumi telah melaksanakan survei lokasi kegiatan di Desa Gedepangrango, Sukabumi, pada Rabu (9/11/2022).
Foto: UBSI
Tim dari Universitas BSI kampus Sukabumi telah melaksanakan survei lokasi kegiatan di Desa Gedepangrango, Sukabumi, pada Rabu (9/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- BSI Explore 2023 merupakan program yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat dan potensi desa di Indonesia. Pelaksanaannya akan digelar dalam kurun waktu satu bulan. Program ini nantinya diikuti seluruh mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang akan menjelajahi 35 desa di enam provinsi.

Sebagai Kampus Digital Kreatif, Universitas BSI selalu berupaya hadirkan terobosan dalam digitalisasi nasional dan pengembangan SDM. Salah satu tempat untuk kegiatan BSI Explore 2023 akan berlangsung di Sukabumi. Tim dari Universitas BSI kampus Sukabumi telah melaksanakan survei lokasi kegiatan di Desa Gedepangrango, Sukabumi, pada Rabu (9/11/2022). Desa tersebut nantinya akan menjadi lokasi kegiatan BSI Explore 2023.

Baca Juga

Koordinator Bidang II Non-Akademik Universitas BSI kampus Sukabumi Dede Wintana dan Kepala Kampus Universitas BSI kampus Sukabumi Jamal Maulana Hudin memilih desa tersebut karena terdapat potensi desa wisatanya. Menurut Jamal kegiatan BSI Explore 2023 nanti akan membantu mengelola potensi desa wisata dalam pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan itu dilakukan dengan kegiatan pembelajaran di sekolah, pelatihan perangkat desa, dan potensi ekonomi.

“Untuk survei pertama desa yang akan dijadikan lokasi kegiatan BSI Explore yakni desa Gedepangrango yang merupakan desa penyangga pariwisata jembatan gantung Situ Gunung yang memiliki banyak potensi pariwisata dan ekonomi kreatif dalam meningkatkan pemasukkan kepada masyarakat Sukabumi,” kata Jamal, Rabu (9/11/2022).

Fitri Marlani selaku perwakilan dari Desa Gedepangrango menyambut baik kedatangan kunjungan dari Universitas BSI kampus Sukabumi. Menurutnya Desa Gedepangrango sangat membutuhkan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia guna meningkatkan potensi ekonomi yang ada di Desa Gedepangrango.

“Saya mewakili perangkat Desa Gedepangrango menyambut baik kegiatan BSI Explore. Insya Allah kami siap membantu dan bekerja sama dalam kegiatan BSI Explore ini. Sebetulnya banyak sekali potensi di desa kami yang perlu digali. Akan tetapi karena sumber daya yang masih terbatas dan memerlukan pelatihan serta pemberdayaan bagi SDM di sini, pengelolaannya belum bisa berjalan maksimal,” jelasnya. 

Fitri mengucapkan banyak terima kasih karena Desa Gedepangrango terpilih menjadi desa yang akan dijadikan lokasi kegiatan BSI Explore 2023. Ia berharap semoga dengan dijadikannya desa Gedepangrango sebagai lokasi kegiatan BSI Explore 2023,mampu mejawab tantangan dalam upaya menggali potensi desa secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat Desa Gedepangrango.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement