Rabu 22 Jun 2022 13:37 WIB

Anies Tampung Usulan Pengganti Nama JIS

JIS diusulkan untuk diubah namanya menjadi Stadion Thamrin

Red: Nur Aini
Jakarta International Stadium
Foto: Republika
Jakarta International Stadium

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menampung petisi yang berisi usulan pengganti nama Jakarta International Stadium (JIS) menjadi nama pahlawan nasional Indonesia Mohammad Husni Thamrin. Petisi tersebut diserahkan sejarawan JJ Rizal di Balai Kota Jakarta, Rabu (22/6/2022), dan diterima langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Pasti ditampung, setuju atau tidak, nanti pertimbangannya lain," kata Anies yang hendak menuju Rapat Paripurna HUT DKI ke-495 DKI Jakarta.

Baca Juga

Anies kembali menegaskan bahwa meski pihaknya menerima petisi tersebut, namun belum tentu disetujui untuk mengubah nama JIS. Gubernur DKI itu tidak menjelaskan lebih lanjut pertimbangan yang dibutuhkan untuk mengubah nama JIS.

"Terima kasih, belum tentu disetujui. Diterima dulu," ucap Anies berjalan bersama Riza Patria.

 

Sementara itu, JJ Rizal yang menginisiasi perubahan nama JIS menjadi Stadion Thamrin melalui situs Change.org itu mengatakan sejak dirintis sebulan lalu, petisi itu sudah ditandatangani lebih dari 5.700 orang.

"Kenapa Thamrin?, karena dia bukan hanya pahlawan nasional, putra Betawi, dan dia juga pahlawan sepakbola," ucapnya.

Menyikapi jawaban Anies yang menyebut belum tentu disetujui, Rizal mengatakan bahwa usulan tersebut harus diterima. "Pertama itu belum punya nama, dan kebangetan kalau tidak diterima, durhaka sama sejarah Jakarta dan Indonesia," ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengadakan Hajatan Jakarta untuk menyemarakkan HUT ke-495 DKI Jakarta. Jakarta Hajatan akan ditutup pada malam puncak HUT ke-495 DKI Jakarta yang sekaligus peresmian Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu (25/6/2022). Namun, JIS urung diresmikan pada Sabtu ini dengan alasan yang belum diketahui.

Direktur Utama Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto mengatakan JIS diperkirakan akan diresmikan pada Juli 2022.

"Mudah-mudahan pada Juli," kata Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Namun, Widi tidak menjelaskan alasan batalnya peresmian perdana JIS yang dijadwalkan pada Sabtu (25/6/2022). Ia juga tidak memberikan tanggal pasti peresmian perdana JIS tetapi hanya menyebut sekitar Juli.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement