Jumat 19 Nov 2021 12:34 WIB

Papua Bisa Amati Gerhana Bulan Sebagian Hingga 3 Jam

Papua dan Papua Barat adalah wilayah Indonesia yang terlama bisa saksikan gerhana.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Dwi Murdaningsih
Gerhana Bulan (Ilustrasi)
Foto:

Akhir fase penumbra terjadi pukul 19.05.29 WIB atau 20.05.29 Wita atau 21.05.29 WIT. Fase ini akan terlihat di seluruh wilayah Indonesia. Durasi gerhana sejak awal fase penumbra hingga akhir fase penumbra berlangsung selama enam jam lima menit tujuh detik. 

Sedangkan lamanya gerhana Bulan sebagian, sejak awal fase gerhana sebagian hingga fase gerhana sebagian akan berlangsung selama tiga jam 29 menit satu detik.

Di wilayah Indonesia yang dapat menyaksikan gerhana paling lama di Papua dan Papua Barat, yaitu sejak fase puncak gerhana hingga akhir fase penumbra yang akan berlangsung selama tiga jam dua menit 33 detik.

Baca juga : Tata Cara Sholat Gerhana Bulan

Mengapa terjadi gerhana?

Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Juanda, Teguh Tri Susanto mengatakan gerhana bulan atau lunar eclipse merupakan suatu peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi. 

Alhasil, tidak semua cahaya bisa sampai ke Bulan. Peristiwa gerhana bulan merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan.

Teguh menyebut, ada dua jenis gerhana bulan, yakni gerhana bulan sebagian dan total. "Gerhana bulan sebagian terjadi saat sebagian piringan bulan masuk ke umbra (bayangan utama) bumi," kata Teguh.

Teguh melanjutkan, pada puncak gerhana bulan sebagian, berakibat pada warna bulan yang akan berubah. Cenderung berwarna gelap dan kemerahan pada sisi yang terkena umbra bumi.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement