Jumat 19 Nov 2021 07:34 WIB

Waktu dan Lokasi Saksikan Gerhana Bulan Terlama 19 November

Gerhana bulan parsial 19 November adalah peristiwa gerhana parsial terlama sejak 1440

Gerhana bulan. ilustrasi
Foto: Dok Itera
Gerhana bulan. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerhana bulan parsial terpanjang dalam hampir 600 tahun akan terjadi malam ini. Gerhana akan 'memandikan' Bulan dengan warna merah, akan terlihat pada hari Jumat untuk sebagian besar umat manusia. Dilansir dari Phys, ini akan menjadi peristiwa gerhana parsial terlama sejak 1440.

Dilansir dari Space, Gerhana kali ini akan terjadi selama 3 jam, 28 menit dan 23 detik. Sayangnya, di Indonesia hanya daerah Papua saja yang durasi gerhananya paling lama yaitu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit. Sementara bagian barat Indonesia tidak dapat mengamati puncak gerhana bulan sebagian.

Baca Juga

Mengutip laman Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), gerhana bulan diawali dengan fase awal penumbra yang terjadi pada pukul 13.00.20 WIB. Tidak ada wilayah Indonesia yang bisa menyaksikan fase awal ini karena Bulan masih di bawah ufuk dan belum terbit.

Fase gerhana selanjutnya adalah awal sebagian yang terjadi pada 14.18.21 WIB. Seluruh Indonesia tidak dapat menyaksikan fase awal sebagian arena Bulan masih di bawah ufuk.

Puncak gerhana Bulan sebagian terjadi pada 16.02.53 WIB. Wilayah yang dapat menyaksikan fase puncak antara lain Provinsi Papua Barat (kecuali Kepulauan Raja Ampat), provinsi Papua, sebagian provinsi Maluku (Kota Tual, Maluku Tenggara, Kepulauan Kei, Kepulauan Aru.

Fase akhir sebagian terjadi pada pukul 17.47.23 WIB. Wilayah yang dapat menyaksikan fase ini antara lain Pulau Papua, Kepulauan Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, Pulau Madura dan Jawa (kecuali Provinsi Banten, DKI Jakarta, Kota/Kab Bekasi, Kota Depok. Kota Bogor, Kota/Kab Sukabumi, Kab Cianjur, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Bandung Barat).

Selain itu, fase akhir sebagian juga bisa dilihat di sebagian provinsi Kepulauan Riau (keciali Natuna dan Anambas). Fase sebagian akhir juga bisa disaksikan di Provinsi Bangka Belitung (kecuali Kabupaten Bangka Barat). Fase akhir sebagian bisa diamati dari arah timur laut.

Selanjutnya, fase akhir penumbra terjadi pada pukul 19.05.28 WIB. Seluruh Indonesia dapat menyaksikan fase akhir penumbra.

Gerhana akan terlihat dari Amerika Utara dan Samudra Pasifik, Alaska, Eropa Barat, Australia timur, Selandia Baru, dan Jepang.  Meskipun tahap awal gerhana terjadi sebelum bulan terbit di Asia Timur, Australia, dan Selandia Baru, pengamat gerhana di wilayah ini akan dapat melihat gerhana saat mencapai puncaknya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement