Sabtu 26 Jun 2021 16:02 WIB

Bingung Pilih Obat Hingga IGD Dadakan Rumah Isolasi Mandiri

Banyak dari mereka yang belum begitu paham prosedur isolasi mandiri di rumah.

Sejumlah pasien beristirahat didalam tenda darurat RSUD Chasbullah Abdulmajid Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (25/6). Puluhan pasien yang dirawat ditenda darurat tersebut belum tentu menderita COVID-19, mereka akan diperiksa lebih dahulu dengan swab PCR sembari dilakukan perawatan. Melonjaknya kasus COVID-19 di Kota Bekasi dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan penuhnya tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit tersebut. Prayogi/Republika
Foto:

Peran RT/RW 

Ketua RW 013 Pondok Mitra Lestari, Sugih Hidayah, meyakini, bahwa arahan agar warga dengan gejala ringan dan sedang melakukan isolasi mandiri di rumah sebagai pilihan yang tepat untuk saat ini. Strategi untuk melindungi warga yang sehat dari penularan Covid-19 pada perumahan berpopulasi sekitar 1.300 jiwa itu, ditempuh Sugih lewat inisiatif pemberlakuan karantina mikro di sembilan RT yang berstatus sebagai zona merah.

Inisiatif itu diputuskan oleh 15 ketua RT setempat saat menyadari terjadi lonjakan kasus yang meningkat pesat dalam kurun 17-24 Juni 2021. "Setiap hari selalu terjadi penambahan kasus minimal dua warga. Bahkan sudah ada beberapa warga saya sudah meninggal karena Covid-19," katanya.

Strategi pelacakan kasus dilakukan Sugih dengan menggerakkan perangkat RT di wilayahnya untuk melakukan survei kesehatan warga lewat platform manajemen tautan Bitly yang disebar secara acak ke sejumlah warga. Terhadap warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan tes cepat antigen maupun PCR berkewajiban melapor kepada perangkat RT sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial pada orang lain yang beriwayat kontak fisik.

"Kemudian diumumkan pasien ini 'by name by address' di WhatsApp Group warga agar warga tahu dan waspada serta yang terpenting membantu semampunya untuk kesembuhan tetangga mereka yang sedang sakit di rumah," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement