Senin 19 Apr 2021 08:15 WIB

Wagub DKI Sambangi Korban Kebakaran Taman Sari

Ratusan warga yang rumahnya hangus mengungsi di SMP Muhammadiyah 32 Jakarta.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengunjungi korban kebakaran di Jalan Keadilan Dalam I, Kelurahan Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat (Jakbar) pada Senin (19/4) dini hari WIB.
Foto: Dok Riza Patria
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengunjungi korban kebakaran di Jalan Keadilan Dalam I, Kelurahan Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat (Jakbar) pada Senin (19/4) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambangi lokasi pengungsian korban kebakaran di Jalan Keadilan Dalam I, Kelurahan Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat (Jakbar) pada Senin (19/4) dini hari WIB. Ratusan warga mengungsi sementara lantaran rumahnya hangus.

Berdasarkan foto pada cuitan pada akun arizapatria, Senin, Wagub tampak berjalan didampingi Wali Kota Jakbar Uus Kuswanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta Sabdo Kurnianto serta jajaran menuju lokasi pengungsian yang disebut pada keterangan foto berlokasi di area SMP Muhammadiyah 32 Jakarta.

"Duka mendalam kami sampaikan untuk seluruh korban, keluarga korban, dan warga terdampak," ujar Riza pada keterangan foto yang diunggah pada akun Twitter @arizapatria tersebut.

Riza mengatakan, sementara ini ada lima warga yang mengalami luka-luka akibat peristiwa nahas tersebut. Dua orang langsung dirujuk ke Puskesmas Taman Sari, sedangkan tiga warga lainnya ditangani di lokasi.

Riza menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengerahkan sejumlah instansi lintas dinas untuk membantu korban kebakaran di Taman Sari tersebut. Di antaranya, Tim Reaksi Cepat BPBD, PLN, dua Palang Merah Indonesia, tiga ambulans Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, petugas Dinas Sosial, Polsek Taman Sari, dan Koramil 01/Taman Sari.

"Kebutuhan mendesak yang terus kami penuhi antara lain terpal, selimut, dan lain-lain untuk warga yang mengungsi. Terima kasih untuk seluruh petugas lintas dinas, terima kasih untuk keluarga besar SMP Muhammadiyah 32," kata Riza.

Riza mengajak warga DKI Jakarta bahu-membahu mengulurkan tangan dalam membantu korban kebakaran untuk memenuhi kebutuhan mereka yang mendesak melalui gerakan kolaborasi masyarakat. "Kami mengimbau, kita semua bergotong-royong memenuhi kebutuhan mendesak, membangun kembali pemukiman warga lewat kolaborasi masyarakat, CSR perusahaan, dan lain-lain."

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakbar, memperkirakan kebakaran di Jalan Keadilan Dalam I, menghanguskan 112 petak rumah tinggal milik warga pada Ahad.

"Informasi data sementara perkiraan bangunan yang terbakar sebanyak 112 rumah tinggal di RW 01 dan RW 02 Kelurahan Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat," ujar Kepala Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Eko Sumarno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement