Selasa 23 Mar 2021 22:50 WIB

Ridwan Kamil Targetkan 30 BUMD Bisa Raih Deviden

RIdwan Kamil kejar target deviden dengan memperkuat kapasitas dan kapabilitas SDM

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto:

"Saya pun memiliki prinsip kepada perusahaan yang hasilnya baik, dividennya bagus, itu boleh bertumbuh. Jadi boleh mengembangkan usahanya lebih luas,” imbuhnya.

Sementara menurut Direktur Utama PT MUJ, Begin Troys, ia menyambut baik permintaan Emil agar MUJ bergerak di energi terbarukan. Menurutnya, ia akan segera mengundang stakeholeder dan para ahli terkait untuk mematangkan rencana pengembangan energi terbarukan.

"Pa Gub tapi sudah meminta kita mulai merintis ke arah sana. Pertama, kita akan gelar diskusi, kita akan mengundang stakeholder, para ahli. Nanti kita lihat (potensi energi terbarukan) yang paling cocok dan realistis dikembangkan di Jabar," katanya.

Meski begitu, kata Begin, untuk menapaki bisnis energi terbarukan,  pihaknya terlebih dahulu membutuhkan dukungan regulasi. Karenanya, pihaknya juga akan meminta persetujuan DPRD Jabar sebelum memulai pengembangan bisnis energi terbarukan.

Begin juga berharap bahwa pengembangan usaha MUJ seiring sejalan dengan kontribusi MUJ kepada Pemprov Jabar. Pihaknya tak ingin, pengembangan usaha yang dilakukan MUJ ke depan mengganggu performa deviden untuk Pemprov Jabar.

"Tadi kan Pak Gub pesan, pertumbuhan penting, deviden juga penting. Jadi, pertumbuhan memang penting, tapi deviden juga penting," katanya.

 

MUJ sendiri, masih menunjukan konsistensi dalam kontribusi pendapatan daerah melalui dividen. Dalam RUPST Tahun Buku 2020, MUJ memantapkan laba usaha senilai Rp157,7 miliar sepanjang 2020. MUJ juga telah menyetorkan deviden kepada Pemprov Jabar sebesar Rp45 miliar. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement