Rabu 03 Feb 2021 20:14 WIB

Bupati Dodi Reza Beri Honor Tambahan Operator Siskeudes

Bupati Dodi naikkan dan beri insentif tambahan bagi 22 operator Siskeudes

Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin memberikan apresiasi dan menaikkan honor serta insentif bagi 227 operator sistem keuangan desa dalam Kabupaten Muba.
Foto:

Lebih lanjut ia mengatakan operator siskeudes telah membuktikan bukan hanya di level Muba tapi di level Indonesia yang telah mendapat pengakuan dari BPK RI juga BPKP. Sebagai daerah yang memberlakukan sistem keuangan desa secara mandiri Pertama di Sumsel.

"Jadi penghargaan sebesar-besarnya apresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa selaku koordinator, dan administrator dari seluruh Siskeudes yang ada di Muba ini. Honor tadi kita naikan minimal 1jt untuk 227 operator Siskeudes desa yang ada, ini adalah honor tambahan bagi mereka. Dan mudah-mudahan ini menambah semangat dan konsistensi mereka untuk tetap menjadikan laporan keuangan yang transparan akuntabel, profesional dan tepat waktu," tandasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Muba Richard Cahyadi AP MSi melaporkan, aplikasi sistem keuangan Desa dimulai dan digunakan di Kabupaten Musi Banyuasin pada akhir tahun 2016 tepatnya pada tanggal 22 Agustus 2016, dengan aplikasi sistem keuangan Desa mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan. Aplikasi sistem keuangan desa di Kabupaten Muba termasuk satu dari 53 daerah yang sudah online di seluruh Indonesia, dan di Sumatera Selatan baru satu-satunya yakni Muba.

"Operator yang terdiri dari anak-anak muda ini mendapat pelatihan mulai dari tahun 2017, 2018 dan 2019, dan perhatian khusus untuk mendukung Pemkab Muba dalam menyusun laporan keuangan setiap tahunnya sehingga menjadi yang tercepat 4 kali berturut-turut," ucap Richard.

Dikatakannya atas capaian sebagai yang tercepat dalam pelaporan keuangan daerah, banyak kabupaten kota yang ada di Sumatera Selatan dan di luar Sumsel datang ke Muba untuk studi banding.

"Ada beberapa provinsi melaksanakan studi banding yakni dari Jambi, Bengkulu dan terakhir dari Kota Pariaman Sumatera Barat," pungkasnya.

Adapun enam Operator Siskeudes terbaik adalah yang pertama, Lisa Puspita Sari KAUR Keuangan Desa Epil Kecamatan Lais, kedua Budiono Sekdes Mekar Jadi Kecamatan Sungai Lilin, kemudian Didi Sulistiyono Sekdes Bumi Agung Kecamatan Lalan, selanjutnya Ismail Husin Sekdes Babat Banyuasin Kecamatan Babat Supat, selanjutnya Adi Winarno KAUR Keuangan Desa Suka Jadi Kecamatan Bayung Lencir, dan Muslim Sekdes Baru Jaya Kecamatan Jirak Jaya.

 

Dalam kegiatan ini dilakukan juga pemberian penghargaan kepada Agen BRILINK, yakni sebagai peringkat pertama BUMDES Sindang Jaya Desa Sindang Marga Kecamatan Bayung Lencir, kedua BUMDES Karya Maju Kecamatan Keluang, dan BUMdes Sido Mukti Kecamatan Plakat Tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement