Jumat 08 Jan 2021 20:17 WIB

158 Pasien Covid-19 Dimakamkan Tumpang di Pondok Ranggon

Pemakaman secara tumpang sudah berlangsung sejak November 2020.

158 Pasien Covid-19 Dimakamkan Tumpang di Pondok Ranggon. Petugas yang mengenakan APD memakamkan jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Selasa (29/12/2020). Pemprov DKI Jakarta menyiapkan lahan pemakaman di Rorotan sebagai antisipasi penuhnya TPU khusus COVID-19 di Pondok Ranggon dan Tegal Alur karena masih tingginya jumlah kematian akibat COVID-19.
Foto:

Atas dasar itu pula, kata Muhaemin, rumah sakit yang menangani jenazah pasien Covid-19 memiliki kewenangan untuk merujuk lokasi pemakaman di luar TPU Pondok Ranggon. Salah satunya adalah TPU Khusus Covid-19 di Tegal Alur, Jakarta Barat, yang saat ini masih menyisakan lahan untuk jenazah pasien Covid-19.

"Rumah sakit yang merujuk melalui posko Palang Hitam Bidang Pemakaman pada Dinas Pertamanan dan Hutan Kota," katanya.

Rumah sakit juga dapat merujuk pemakaman jenazah menuju salah satu dari 77 TPU yang di kelola oleh DKI atas persetujuan ahli waris keluarga. "Yang jelas, misalnya ada 70 jenazah yang masuk ke TPU Tegal Alur, 50 dimakamkan di sana, sedangkan 20 lainnya tersebar melalui pemakaman secara tumpang di TPU lainnya yang ada di lima wilayah Jakarta," katanya.

 

Sejauh ini, jumlah makam tumpang di DKI Jakarta khusus pasien Covid-19 berjumlah sekitar 400-an liang lahat. Muhaemin menambahkan operator yang bertugas di TPU Pondok Ranggon saat ini berjumlah 10 orang yang bekerja selama 24 jam secara bergantian.

photo
Seorang warga menutup nisan kerabatnya yang dimakamkan dengan protokol COVID-19 dengan plastik di TPU Tegal Alur, Jakarta, Selasa (29/12/2020). Pemprov DKI Jakarta menyiapkan lahan pemakaman di Rorotan sebagai antisipasi penuhnya TPU khusus COVID-19 di Pondok Ranggon dan Tegal Alur karena masih tingginya jumlah kematian akibat COVID-19. - (Antara/Wahyu Putro A)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement