Kamis 12 Aug 2021 20:39 WIB

Dinkes DKI: Jumlah Orang yang Meninggal Akibat Covid Menurun

Dinkes DKI mengklaim situasi pandemi virus corona di Jakarta sudah lebih terkendali

Rep: Flori Sidebang/ Red: Esthi Maharani
Pekerja membawa peti mati untuk dimakamkan
Foto: AP/Tatan Syuflana
Pekerja membawa peti mati untuk dimakamkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan, saat ini jumlah orang yang meninggal akibat terpapar Covid-19 di Ibu Kota mengalami penurunan. Dwi menyebut, kondisi ini berbanding terbalik dengan saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 pada satu hingga dua bulan lalu.

“Dari sisi jumlah orang yang meninggal juga Alhamdulillah sudah mengalami penurunan,” kata Dwi dalam video yang diunggah pada akun Youtube BPSDM DKI Jakarta, Kamis (12/8).

Meski demikian, Dwi tidak menjelaskan secara rinci mengenai hal tersebut. Dia hanya menyebut bahwa kini situasi pandemi virus corona di Jakarta sudah lebih terkendali dibandingkan beberapa bulan sebelumnya ketika kasus penyebaran Covid sempat meroket. “Sudah lebih terkendali situasinya. Tingkat kematian juga Alhamdulillah bisa kita pertahankan tetap rendah,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, saat ini penambahan kasus baru positif Covid-19 di DKI Jakarta berkisar antara angka 1.000-2.000 orang. Dwi berharap agar jumlah tersebut dapat terus makin menurun. Sehingga situasi di Ibu Kota dapat semakin terkendali.

Meski demikian, Dwi mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan tidak merasa puas dengan situasi saat ini. Sebab, ia mengibaratkan kasus Covid-19 seperti permainan rollercoaster yang sewaktu-waktu dapat meningkat dan menurun.

”Kita sudah punya pengalaman sejak tahun 2020, kita seperti main roller coaster, naik dan turun kasus itu seiring dengan mobilitas masyarakat. Jadi kita tetap harus terus mengingatkan dan mengatur mobilisasi masyarakat dan jangan sampai kemudian memberikan peluang untuk terjadinya peningkatan kasus,” jelas dia.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, per tanggal 12 Agustus 2021, jumlah kasus baru positif Covid-19 di Ibu Kota bertambah sebanyak 1.078 orang. Sedangkan jumlah kasus aktif di Jakarta mengalami penurunan sebanyak 1.220 kasus. Sehingga jumlah kasus aktif Covid-19 hingga hari ini mencapai 9.881 orang yang masih dirawat atau menjalani isolasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement