Senin 02 Dec 2019 20:36 WIB

Rekayasa Lalin di Sekitar Lokasi Pengerjaan Tol Becakayu

Beberapa ruas jalan akan berdampak saat pengerjaan Tol Becakayu.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Gita Amanda
Sejumlah pekerja menyelesaikan proses pembangunan Tol Becakayu (Bekasi,Cawang, Kampung, Melayu). Pemprov DKI Jakarta mengatakan akan melakukan rekayasa lalin di lokasi pengerjaan Tol Becakayu.
Foto: Fakhri Hermansyah/ANTARA FOTO
Sejumlah pekerja menyelesaikan proses pembangunan Tol Becakayu (Bekasi,Cawang, Kampung, Melayu). Pemprov DKI Jakarta mengatakan akan melakukan rekayasa lalin di lokasi pengerjaan Tol Becakayu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi pengerjaan tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu). Pengalihan arus lalu lintas ini di lokasi tol Becakayu koneksi dengan jalan tol Wiyoto Wiyono.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan beberapa ruas jalan akan berdampak saat pengerjaan Tol Becakayu ini. "Dengan beberapa pengerjaan diantaranya akan dilakukan pengangkatan balok/erection box girger yang berada di jalan D.I. Panjaitan sisi barat (atas underpass Jalan Basuki Rahmat)," kata Syafrin dalam keterangan pers, Senin (2/12).

Baca Juga

Untuk menunjang pekerjaan tersebut akan dilakukan rekayasa lalu lintas (lalin), seperti pada 6-9 Desember 2019 pukul 23.00-04.00, empat batang steel box girder akan dipasang. Arus yang akan dialihkan diantaranya, lalin arah barat/Kampung Melayu menuju timur/Pondok Kopi.

Kemudian arah Utara/Tanjung Priok diaiihkan melalui Jalan Jatinegara Barat, Jalan Bekasi Barat putar balik ke kupingan Jatinegara ke arah Tanjung Priok/belok kanan di tram light ke Jl. Bekasi‘nmur IV Jl. Jend. A. Yani JI. Basuki Rachmat dan seterusnya.

Selanjutnya lalu lintas dari arah Timur/Pondok Kopi yang akan menuju Barat/Kampung Melayu dialihkan melalui Jalan Basuki Rachmat - Jalan DI. Panjaitan putar balik sebelum traffic light Penas Kalimalang - Jalan Otista 3 - Jalan Otto lskandar/Jalur cepat - Jalan DI. Panjaitan - Jalan Jend. A. Yani - Jalan Bekasi Barat - Jalan Jatinegara Barat dan seterusnya.

Kemudian Lalu lintas dari arah Selatan/Cawang yang akan menuju Barat/Kampung Melayu dialihkan melalui Jalan Otista 3 - Jalan Otto lskandardina - Jalur cepat Jalan DI. Panjaitan - Jalan Jend. A. Yani - Jalan Bekasi Barat - Jalan Jatinegata Barat dan seterusnya.

Selain itu, pengerjaan oleh PT. KKDM dan PT. Waskita selaku pelaksana pembangunan pekerjaan tol Becakayu (segmen erection box girger Jalan Basuki Rachmat) penanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamatan dan keamanan pengguna jalan (motorized dan unmotorized) dilokasi pekerjaan.

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jaIan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu rambu lalu Iinms, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," kata Syafrin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement