Kamis 24 Oct 2019 16:47 WIB

Jabar Siapkan Empat Stadion untuk Piala Dunia U-20 2021

Empat stadion tingkat kabupaten dan kota akan dibuat berstandar internasional.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) menyebut, akan mempersiapkan empat stadion di Jawa Barat yang akan dipakai pada ajang Piala Dunia U-20 2021. "Saya akan panggil para kepala daerah yang ada stadionnya (terpilih), untuk kita koordinasikan," kata Ridwan di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (24/10).

Sebelumnya, Indonesia resmi ditunjuk oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada tahun 2021. Tanah Air terpilih setelah mengungguli dua pesaing yang juga mencalonkan menjadi penyelenggara, yakni Brasil dan Peru.

Baca Juga

Ada sepuluh stadion yang akan dipakai untuk ajang tersebut, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Dari sepuluh stadion yang terpilih, empat di antaranya berada di wilayah Jawa Barat. Meski empat stadion sepenuhnya merupakan aset pemerintah daerah kota atau kabupaten, pihaknya akan mendorong agar pemerintah pusat berupaya menjadikan sejumlah stadion tersebut berstandar FIFA.

"Biasanya ada anggaran dari pemerintah pusat untuk menjadikan lapangannya berstandar FIFA, namanya juga piala dunia," katanya.

Dengan demikian, dirinya mengapresasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indoesia (PSSI) terkait lolosnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. "Kami akan dukung, tugas saya mengkoordinasikan, karena aset stadion kan milik kabupaten dan kota," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement