Rabu 21 Aug 2019 04:18 WIB

Bima Arya: Provinsi Bogor Raya Masih Perlu Dikaji

Kajian pemekaran kota atau pembentukan provinsi akan dilakukan Pemkot Bogor dan IPB.

Rep: ayo bandung/ Red: ayo bandung
Bima Arya: Provinsi Bogor Raya Masih Perlu Dikaji
Bima Arya: Provinsi Bogor Raya Masih Perlu Dikaji

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Pembentukan Provinsi Bogor Raya dan perluasan Kota Bogor belakangan ini menjadi perbincangan banyak pihak. Wacana itu sebelumnya dimunculkan kepada publik oleh Wali Kota Bogor Bima Arya.

AYO BACA : Tak Bisa Bahasa Sunda, Wali Kota Depok Enggan Masuk Provinsi Bogor Raya

Bima mengaku antara pembentukan provinsi baru atau perluasan Kota Bogor tak ada yang menjadi prioritas pemerintahannya. Semua opsi menurutnya akan dikaji oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

AYO BACA : Soal Provinsi Bogor Raya, DPRD Minta Pemkot Lebih Fokus ke Masalah Kota

"Gak ada prioritas, kajian, semua di titik nol, semua dikaji," ujar Bima, Selasa (20/8/2019).

Bima menambahkan kajian soal kemungkinan adanya pemekaran kota atau pembentukan provinsi itu akan dilakukan oleh Pemkot Bogor dan IPB University. "Saya sudah bertemu rektor IPB. Kita sepakat lakukan kajian dan mempercayakan kajian kepada kampus. Jadi pemkot juga lakukan kajian dilengkapi kajian kampus. Kajian kampus nanti ada kajian hukumnya. Kajian wilayahnya jadi bukan hanya asumsi kepentingan politik tapi didasarkan pada kajian akademis," katanya.

Sejauh ini, kata Bima, usai wacana perluasan kota dan pembentukan provinsi berkembang dirinya banyak mendapatkan usulan dari pengamat dan masyarakat. Usulan tersebut katanya memperbanyak opsi tentang langkah apa yang akan diambil oleh pemkot Bogor.

"Opsi semakin banyak awalnya hanya tentang wilayah Kota Bogor dan kabupaten kemudian ditambah Bogor apakah bergabung provinsi baru, atau apakah gabung Jakarta, ini bagus saya senang isu ini direspon banyak pihak, jadi kita banyak opsi," ungkapnya.

AYO BACA : Ridwan Kamil: Tidak Relevan Bekasi Gabung ke Jakarta

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement